SKRIPSI PAI
Penerapan Metode Ceramah Bervariasi Dengan Pendekatan JAS [Jelajah Alam Sekitar] Pada Pembelajaran PAI Kelas IV SDN 02 Babalan Lor Bojong Pekalongan Tahun Pelajaran 2011/2012
Dalam merencanakan program pembelajaran selain metode mengajar, perlu dipikirkan pula masalah sumber belajar untuk siswa. Sumber belajar siswa hendaknya bervariasi dan berasal dari berbagai sumber, tidak hanya dari buku paket. Guru dapat memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar secara optimal. Untuk itulah penelitian ini akan membahas tentang penerapan metode mengajar ceramah yang divariasi dengan pendekatan JAS. Masih banyak guru yang terbatas kemampuannya dalam menguasai program pembelajaran yang akan dilaksanakan. Guru sering mengajar tanpa memperhatikan didaktif metodik dan psikologi anak. Guru banyak tidak sungguh-sungguh mengembangkan metodologi yang tepat untuk materi yang akan ia ajarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode ceramah bervariasi dengan pendekatan jelajah alam sekitar pada pembelajaran PAI. Sehingga menghasilkan proses belajar mengajar yang bervariasi. Metode ceramah bervariasi dilakukan dengan mengkombinasikan metode ceramah dengan metode lain dengan pendekatan JAS. Pelaksanaan metode ceramah bervariasi dilakukan dengan mengkombinasikan metode ceramah dengan metode pemberian tugas berupa lembar kerja setelah mengamati artikel tentang sholat, artikel berupa cerita bergambar yang menunjukkan kegiatan sholat berjamaah. Dimana dalam artikel tersebut digambarkan beberapa anak yang melakukan hal yang membatalkan sholat seperti bercanda, mencubit dan tertawa. Metode ceramah juga dikombinasikan dengan memutar CD film animasi sholat yang berisi tentang cerita anak yang sedang melaksanakan sholat sendirian. Dalam tiap melakukan gerakan ada penjelasan yang menyertainya. Siswa mengamati dan berusaha menangkap isi penjelasannya. Ceramah juga divariasi dengan pendekatan JAS di luar kelas yaitu dengan melaksanakan sholat dhuhur di musholla dekat sekolah. Siswa melaksanakan sholat dan berusaha menerapkan apa yang telah mereka pelajari. Evaluasi dilaksanakan dengan tertulis, nilai akhir adalah nilai evaluasi individu dan kelompok yang kemudian di bagi dua.
04SK048421.00 | SK PAI12.484 KHA p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain