SKRIPSI PAI
Implementasi Metode Pembelajaran Komunikatif Dalam Meningkatkan Prestasi Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Standar Kompetensi Membiasakan Perilaku Terpuji Bagi Siswa Kelas V SDN 01 Bebel Wonokerto Pekalongan
Latar belakang penelitian ini adalah prestasi hasil belajar siswa kelas V SDN 01 Bebel dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Standar Kompetensi Membiasakan perilaku terpuji di semester II Tahun 2011/2012 belum mencapai kriteria ketuntasan belajar minimal [KKBM] yang telah ditentukan, pembelajaran yang monoton dan kurang mengembangkan metode pembelajaran aktif dan inovatif. Selama proses belajar mengajar diketahui permasalahan antara lain : siswa kurang memperhatikan penjelasan guru, siswa kurang mampu menjawab pertanyaan guru, masih rendahnya tingkat penguasaan siswa terhadap materi, banyak siswa belum mampu mengerjakan tugas dengan baik. Dengan rata-rata kelas 64 dan ketuntasan belajar harus mencapai nilai KKM [Kriteria Ketuntasan Minimal] 70. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan prestasi hasil belajar siswa pada standar kompetensi membiasakan perilaku terpuji melalui metode pembelajaran komunikatif. Prosedur penelitian ini menggunakan PTK atau Penelitian Tindakan Kelas, ditempuh dalam tiga siklus. Langkah-langkah PTK tersebut terdiri atas perencanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 01 Bebel semester II tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 33 siswa yang terdiri dari 19 siswa putra dan 14 siswa putri. Sebagai alat ukur peningkatan prestasi hasil belajar adalah hasil nilai belajar siswa dalam mengerjakan soal tes. Cara pengambilan data dalam penelitian ini adalah dengan metode dokumenter, observasi dan soal tes. Sebagai indikator keberhasilannya adalah siswa mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal > 70 dan ketuntasan secara klasikal dalam kelas tersebut dapat menyerap materi minimal 75% dari jumlah siswa. Pelaksanaan Tindakan Kelas melalui metode pembelajaran komunikatif yang dilaksanakan 3 siklus di SDN 01 Bebel Wonokerto Pekalongan dapat meningkatkan hasil belajar yaitu sebelum di kenakan tindakan dari 16 [48,48%] anak yang belum mencapai KKM menjadi berkurang menjadi 14 anak [42,42%] dengan rata-rata kelas 65,8 pada siklus I, 9 anak [27,37%] dengan rata-rata kelas 72,1 pada siklus II dan 3 anak [9,09%] dengan rata-rata kelas 82,4 pada siklus III.
04SK047421.00 | SK PAI12.474 ABI i C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain