SKRIPSI PAI
Implikasi Manajemen Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa SDN 01 Doro Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan
Belajar mengajar adalah suatu kegiatan yang bernilai edukatif. Manajemen kelas merupakan suatu keterampilan yang harus dimiliki seorang pendidik. Dengan keterampilan manajemen kelas, pendidik dapat menciptakan suasana kelas yang kondusif dan nyaman, sehingga siswa tidak akan merasa bosan belajar di dalam kelas. Dengan demikian, motivasi belajar siswa dapat meningkat, sehingga tujuan dari proses pembelajaran akan tercapai sesuai yang diharapkan. Rumusan masalah penelitian ini adalah : Bagaimana manajemen kelas SDN 01 Doro Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan? Bagaimana motivasi belajar siswa SDN 01 Doro Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan? Bagaimana implikasi manajemen kelas terhadap motivasi belajar siswa SDN 01 Doro Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan? Adapun kegunaan penelitian ini adalah bagi Peserta didik, diharapkan dapat dijadikan bahan acuan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SDN 01 Doro Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan dan peserta didik yang lain, bagi Pendidik, diharapkan mampu memberikan wacana sebagai bekal bagi pendidik dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik, bagi Sekolah, diharapkan mampu memberi masukan kepada pihak sekolah untuk lebih memperhatikan mutu pendidikan, sehingga dapat menciptakan generasi muda yang berkualitas. Manajemen kelas yang dilakukan oleh guru SDN 01 Doro Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan termasuk dalam kategori cukup baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil Mx = 61,3 yang terletak pada interval 61-64. Motivasi belajar siswa SDN 01 Doro Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan termasuk dalam kategori sedang. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil My = 71,2 yang termasuk dalam interval 71-74. Sehingga, manajemen kelas yang dilakukan oleh guru berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa SDN 01 Doro Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan. Hal ini dapat dilihat dari hasil rxy = 0,63 > rt = 0,344 pada taraf signifikan 5% dan rxy = 0,63 > rt = 0,442 pada taraf signifikan 1%. Dengan demikian manajemen kelas mempengaruhi motivasi belajar siswa SDN 01 Doro Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan. Sehingga hipotesis yang penulis ajukan [Bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara manajemen kelas dan motivasi belajar siswa SDN 01 Doro Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan] dapat diterima kebenarannya.
04SK046821.00 | SK PAI12.468 MUL i C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain