SKRIPSI PAI
Perspektif M. Quraish Shihab Tentang Konsep Ilmu Pengetahuan Dalam Al Quran Surat Al Mujadalah Ayat 11 Dan Fathir Ayat 27-28 Serta Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam
Pada jaman yang modern ini telah terjadi dikotomi antara ilmu agama dan ilmu umum dalam pendidikan islam sehingga umat Islam tidak dapat mencapai kemajuan seperti pada jaman keemasan Islam. Untuk itu penulis berusaha untuk mengkaji tentang konsep ilmu pengetahuan yang terdapat dalam Al Quran surat Al Mujadalah Ayat 11 Dan Fathir Ayat 27-28 dalam perspektif M. Quraish Shihab pengarang tafsir Al Misbah yang merupakan tafsir tematik. Rumusan masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah tentang konsep ilmu pengetahuan menurut M. Quraish Shihab dan tujuan pendidikan Islam. Tujuan yang hendak dicapai oleh penulis adalah untuk mengetahui perspektif M. Quraish Shihab tentang Konsep Ilmu Pengetahuan dalam Al Quran serta relevansinya terhadap pendidikan Islam. Kegunaan penelitian ini adalah untuk menambah khazanah pustaka tentang konsep ilmu pengetahuan dalam Al Quran surat Al Mujadalah Ayat 11 Dan Fathir Ayat 27-28 serta sebagai masukan bagi pengajar untuk melakukan pendidikan sesuai dengan Al Quran. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa dalam Al Quran surat Al Mujadalah Ayat 11 menjelaskan tentang etika dalam menuntut ilmu untuk mencapai tujuan memperoleh ilmu pengetahuan yang terdapat dalam surat Fathir ayat 27-28 relevansinya terhadap pendidikan islam yaitu dalam menuntut ilmu harus memperhatikan etika karena ilmu merupakan cahaya yang dimuliakan oleh Allah dan seharusnya pendidikan islam dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh ketaatan terhadap Allah.
04SK046721.00 | SK PAI12.467 ALF p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain