SKRIPSI PAI
Pengaruh Penggunaan Media Audio Terhadap Kemampuan Membaca Al Quran Pada Siswa Kelas III MI Darul Ulum Kauman Batang Tahun Pelajaran 2007/2008
Kemampuan membaca Al Quran siswa masih rendah dan masih jauh dari yang diharapkan, minat siswa terhadap pembelajaran membaca Al Quran pun kurang. Hal ini mungkin terjadi karena sebagian besar guru Pendidikan Agama Islam selama ini belum menggunakan media. Padahal secara teoritis media dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana penggunaan media audio dalam pembelajaran membaca Al Quran pada siswa kelas III MI Darul Ulum Kauman Batang Tahun Pelajaran 2007/2008, Bagaimana kemampuan membaca Al Quran siswa kelas III MI Darul Ulum Kauman Batang Tahun Pelajaran 2007/2008, dan Bagaimana pengaruh penggunaan media audio terhadap kemampuan membaca Al Quran siswa kelas III MI Darul Ulum Kauman Batang Tahun Pelajaran 2007/2008. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media audio dalam pembelajaran membaca Al Quran pada siswa kelas III MI Darul Ulum Kauman Batang Tahun Pelajaran 2007/2008, untuk mengetahui kemampuan membaca Al Quran siswa kelas III MI Darul Ulum Kauman Batang Tahun Pelajaran 2007/2008, dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio terhadap kemampuan membaca Al Quran siswa kelas III MI Darul Ulum Kauman Batang Tahun Pelajaran 2007/2008. Manfaat yang dapat diperoleh dari hasil penelitian ini adalah untuk menambah khazanah telaah di bidang metode pembelajaran, khususnya penggunaan media audio dalam pembelajaran membaca Al Quran siswa kelas III MI Darul Ulum Kauman Batang Tahun Pelajaran 2007/2008, dapat memberikan alternatif penggunaan media audio serta memberikan masukan bagi guru PAI untuk meningkatkan kualitas pembelajaran membaca Al Quran , dapat meningkatkan minat siswa, apresiasi siswa dalam mengikuti pembelajaran membaca Al Quran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio pada siswa kelas III MI Darul Ulum Kauman Batang Tahun Pelajaran 2007/2008 termasuk dalam kategori cukup, hal ini dibuktikan dari perolehan skor angket tertinggi 58 dan skor terendah 58 dengan rata-rata 53,50. Rata-rata dari skor angket 53,50 masuk dalam rentang interval 51-53 yang berarti kriteria cukup. Dengan demikian penggunaan media audio pada siswa kelas III MI Darul Ulum Kauman Batang Tahun Pelajaran 2007/2008 mempunyai kategori cukup. kemampuan membaca Al Quran siswa kelas III MI Darul Ulum Kauman Batang Tahun Pelajaran 2007/2008 termasuk dalam kategori cukup, hal ini dibuktikan dari perolehan nilai tertinggi 85 dan nilai terendah 65 dengan rata-rata 74,55. Rata-rata nilai 74,55 masuk dalam rentang interval 70-74 yang berarti kriteria cukup. Dengan demikian kemampuan membaca Al Quran siswa kelas III MI Darul Ulum Kauman Batang Tahun Pelajaran 2007/2008 mempunyai kategori cukup. Ada pengaruh yang positif penggunaan media audio terhadap kemampuan membaca Al Quran siswa kelas III MI Darul Ulum Kauman Batang Tahun Pelajaran 2007/2008. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan harga r yang diperoleh sebesar 0,876 di mana harga r tabel pada taraf signifikan 5% dengan N = 22 sebesar 0,423 yang berarti r hitung > r tabel atau 0,876 > 0,423 sehingga ada pengaruh yang signifikan. Selanjutnya pada taraf signifikan 1% dengan N = 22 sebesar 0,537 yang berarti r hitung > r tabel atau 0,876 > 0,537 sehingga ada pengaruh yang sangat signifikan. Sedangkan jika dibandingkan pada db = N - nr, nr = banyaknya variabel yang dikorelasikan yaitu 2. db = 22 - 2 = 20. Pada taraf signifikan 5% dengan N = 20 sebesar 0,444 yang berarti r hitung > r tabel atau 0,876 > 0,444 sehingga ada pengaruh yang signifikan. Selanjutnya pada taraf signifikan 1% dengan N = 20 sebesar 0,561 yang berarti r hitung > r tabel atau 0,876 > 0,561 sehingga ada pengaruh yang sangat signifikan.
04SK046521.00 | SK PAI12.465 IST p C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain