SKRIPSI PAI
Pengaruh Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan [PAKEM] Pada Pembelajaran PAI Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Di SD Negeri Purwodadi Sragi Kabupaten Pekalongan
Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Bagaimana pengaruh Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan [PAKEM] pada mata pelajaran PAI kelas V di SD Purwodadi Sragi, dan Bagaimana prestasi belajar pada mata pelajaran PAI setelah diterapkan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan [PAKEM] pada kelas V di SD Purwodadi Sragi, serta adakah pengaruh PAKEM pada pembelajaran PAI dengan prestasi belajar siswa kelas V di SD Purwodadi Sragi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan [PAKEM] dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V di SD Purwodadi Sragi, untuk mengetahui adakah pengaruh Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan [PAKEM] pada mata pelajaran PAI di kelas V di SD Purwodadi Sragi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan tehnik pengumpulan data melalui penyebaran angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk menganalisis data langkah-langkah yang digunakan adalah Editing, Scoring. Setelah melalui tahapan editing, maka selanjutnya penulis memberikan skor terhadap pertanyaan yang ada pada angket. Analisis hipotesis untuk melihat apakah ada korelasi antara pembelajaran PAKEM guru dengan prestasi belajar siswa, maka yang dipakai adalah rumus .r. product moment. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa penerapan PAKEM dalam proses pembelajaran pendidikan agama islam di SD Purwodadi Sragi sudah berjalan dengan baik. Hal tersebut terlihat pada saat proses belajar mengajar yang dilakukan di dalam kelas, antar lain siswa aktif bertanya tentang pelajaran yang belum dimengerti, aktif mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Disamping itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa r hitung sebesar 0,517. Setelah dikonsultasikan dengan r tabel yaitu pada taraf signifikan 5% dengan N sebanyak 40 siswa yaitu sebesar 0,403. Ternyata, r hitung lebih besar daripada r table, yang berarti dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pembelajaran PAKEM di SDN Purwodadi terhadap prestasi belajar PAI.
04SK046321.00 | SK PAI12.463 MUN p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain