SKRIPSI PAI
Penerapan Pembelajaran Empati Di PAUD Green School Kelurahan Tirto Kota Pekalongan
Empati merupakan wujud pemahaman seseorang terhadap apa yang dirasakan orang lain. Pada dasarnya setiap anak mempunyai kepekaan empati pada dirinya. Bagi anak-anak masa usia dini sangat perlu dikembangkan rasa empati yang kuat karena dengan itu anak dapat hidup dengan bersosialisasi secara baik dan kepekaan empati anak akan baik pula. Dengan adanya pembelajaran empati khususnya bagi anak didik maka anak didik akan mempunyai kemampuan untuk berempati secara baik, mereka akan lebih mudah dalam bergaul dengan teman-teman maupun lingkungannya. Jika hal ini yang terjadi, secara otomatis akan memudahkan pula dalam meraih kesuksesan dalam belajar, menempuh cita-cita, demikian juga dalam membangun kehidupan setelah lulus dari bangku sekolah. Permasalahan pokok yang ingin dijawab dalam skripsi ini adalah : Bagaimana penerapan pembelajaran empati di PAUD Green School Kelurahan Tirto Kota Pekalongan? Dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penerapan pembelajaran empati di PAUD Green School Kelurahan Tirto Kota Pekalongan? Skripsi ini diharapkan dapat berguna secara teoritis dan secara praktis bagi pihak-pihak yang berkecimpung dalam dunia pendidikan terutama pendidikan anak usia dini seperti guru dan orang tua mengenai empati yang nantinya diharapkan dapat memberikan pengetahuan mengenai konsep pembelajaran empati dalam rangka menciptakan anak yang beradab dan bermoral tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran empati di PAUD Green School Kelurahan Tirto Kota Pekalongan dilaksanakan dengan memberikan keteladanan, kisah atau cerita yang berkaitan dengan empati, pengalaman langsung, kebersamaan dalam bermain dan pembentukan empati lewat pembiasaan. Hal tersebut sudah dapat membantu anak dalam mengembangkan rasa empatinya. Walaupun begitu, mengenai evaluasi di PAUD Green School Kelurahan Tirto Kota Pekalongan belum dilaksanakan secara maksimal karena masih ada beberapa evaluasi yang belum diterapkan di PAUD tersebut. Hanya dengan pengamatan saja, guru melakukan evaluasi sedangkan yang berkaitan dengan tes ataupun evaluasi lain masih belum dilaksanakan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pembelajaran empati yaitu karakter anak, usia, peran orang tua dan sosialisasi. Mengembangkan empati pada anak usia dini penting karena dapat melatih anak untuk mampu memahami orang lain dan lingkungannya serta dapat mencegah anak melakukan perbuatan yang dapat merugikan orang lain. Dengan begitu, anak dapat lebih mudah diterima di lingkungannya sehingga akan memudahkan meraih kesuksesan dalam hidupnya.
04SK045421.00 | SK PAI12.454 ARY p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain