SKRIPSI PAI
Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN 04 Dadirejo Tirto Pekalongan
Minat belajar peserta didik merupakan suatu hal yang sangat penting diketahui oleh pendidik karena peran seorang pendidik sebagai motivator yang memegang peranan penting dalam menumbuh kembangkan minat belajar. Jika peserta didik mempunyai minat belajar yang baik maka akan menuai prestasi belajar yang baik pula. Begitu pula sebaliknya jika minat belajar peserta didik kurang baik akan berdampak negatif bagi prestasi belajar peserta didik tersebut. Dengan demikian perlu adanya suatu motivator untuk mengembangkan minat sehingga menghasilkan suatu prestasi belajar yang memuaskan. Dalam belajar anak didik mempunyai minat belajar yang berbeda-beda. Pada satu sisi anak didik memiliki minat belajar yang rendah, tetapi pada saat yang lain anak didik mempunyai minat belajar yang tinggi. Anak didik yang satu bergairah belajar, sedangkan anak didik yang lain kurang bergairah dalam belajar. Pada hakekatnya minat merupakan hal yang paling mendasar pada diri manusia. Untuk itu minat dalam kehidupan sehari-hari merupakan suatu modal yang paling pokok pada diri manusia dalam melaksanakan suatu perbuatan. Minat merupakan kecenderungan untuk mendekati obyek, terdapat pula perasaan senang untuk menyertainya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana minat belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 04 Dadirejo Tirto Pekalongan? Bagaimana pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 04 Dadirejo Tirto Pekalongan? Bagaimana upaya meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN 04 Dadirejo Tirto Pekalongan? Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 04 Dadirejo Tirto Pekalongan, untuk mendeskripsikan minat belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 04 Dadirejo Tirto Pekalongan, serta untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 04 Dadirejo Tirto Pekalongan. Kegunaan penelitian secara teoritis adalah sebagai bahan pengetahuan dan pembelajaran bagi guru dalam mendidik anak didiknya khususnya menerapkan cara pengajaran yang tepat kepada anak didiknya agar mereka memahami materi yang diajarkan serta dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran khususnya Pendidikan Agama Islam. Sedangkan kegunaan penelitian secara praktis adalah memberikan masukan kepada guru di SDN 04 Dadirejo Tirto Pekalongan tentang cara dan upaya agar mereka lebih memperhatikan cara mengajar yang mereka pergunakan dalam mendidik dan meningkatkan minat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan 1] Minat belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 04 Dadirejo Tirto Pekalongan tergolong baik. Hal ini dapat dilihat dari indikator minat belajar seperti kehadiran siswa di sekolah, ketepatan datang di sekolah, keaktifan siswa dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah, pemanfaatan sumber belajar serta nilai raport yang diraih oleh siswa, dapat peneliti simpulkan bahwa minat belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 04 Dadirejo Tirto Pekalongan tergolong baik karena sudah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang telah ditentukan di SDN 04 Dadirejo Tirto Pekalongan.
04SK045021.00 | SK PAI12.450 AIN u C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain