SKRIPSI PAI
Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multimedia Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di SD Negeri Tragung 02 Kandeman Batang
Pembelajaran berbasis multimedia merupakan proses pembelajaran dengan menggunakan berbagai media, perpaduan antara gambar, grafik, film, tulisan dan bahkan suara. Perkembangan teknologi multimedia telah menjanjikan potensi besar dalam merubah cara seseorang untuk belajar, untuk memperoleh informasi, menyesuaikan informasi dan sebagainya. Multimedia juga menyediakan peluang bagi pendidik untuk mengembangkan teknik pembelajaran sehingga menghasilkan hasil yang maksimal. Demikian juga bagi pelajar dengan pembelajaran berbasis multimedia diharapkan mereka akan lebih mudah untuk dapat meyerap informasi secara cepat dan tepat. Sehingga dengan adanya pembelajaran berbasis multimedia dapat merubah proses pembelajaran yang lebih aktif, kreatif, afektif, dan menyenangkan serta dapat memperlancar pencapaian tujuan pendidikan di sekolah. Adapun rumusan masalah adalah Bagaimana pembelajaran berbasis multimedia di SD Negeri Tragung 02 Kandeman Batang? Bagaimana motivasi belajar peserta didik di SD Negeri Tragung 02 Kandeman Batang? Bagaimana pengaruh pembelajaran berbasis multimedia terhadap motivasi belajar peserta didik di SD Negeri Tragung 02 Kandeman Batang. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui Bagaimana pembelajaran berbasis multimedia di SD Negeri Tragung 02 Kandeman Batang, untuk mengetahui Bagaimana motivasi belajar peserta didik di SD Negeri Tragung 02 Kandeman Batang, dan untuk mengetahui Bagaimana pengaruh pembelajaran berbasis multimedia terhadap motivasi belajar peserta didik di SD Negeri Tragung 02 Kandeman Batang. Hasil analisis dari penelitian bahwa pembelajaran berbasis multimedia di SD Negeri Tragung 02 Kandeman Batang termasuk dalam kategori tingkat sangat baik, hal ini terbukti dengan hasil angket yang memiliki nilai rata-rata 33,1, nilai tersebut berada dalam interval 32 - 35 yang masuk dalam klasifikasi baik. Adapun motivasi belajar peserta didik di SD Negeri Tragung 02 Kandeman Batang termasuk dalam kategori tingkat baik, hal ini terbukti dengan hasil angket yang memiliki nilai rata-rata 31,5, nilai tersebut berada dalam interval 32 - 34 yang masuk dalam klasifikasi baik. Berdasarkan perhitungan dengan teknik korelasi product moment diperoleh rxy = 0,576, jadi hasil diatas menunjukkan bahwa rxy lebih besar dari rt [ rxy > rt ] baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% yang berarti terdapat korelasi positif yang signifikan antara pembelajaran berbasis multimedia terhadap motivasi belajar peserta didik SD Negeri Tragung 02 Kandeman Batang. Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan diterima.
04SK044821.00 | SK PAI12.448 MAG p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain