SKRIPSI EKOS
Pengaruh Pengetahuan, Fasilitas, Dan Religiusitas Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah
Pengetahuan yang baik dari masyarakat atau calon nasabah tentang produk
dan jasa Bank Syariah akan berdampak terhadap keberhasilan penerapan strategi
dan pertumbuhan Bank Syariah itu sendiri. Bank Syariah sebagai salah satu
lembaga keuangan memiliki tugas utama memenuhi kebutuhan nasabahnya dalam
hal transaksi keuangan, salah satu caranya adalah dengan menyediakan fasilitas
yang mampu mengakomodasi kebutuhan nasabah. Dalam pemenuhan kebutuhan
akan suatu bank, seorang muslim akan memperhatikan baik buruk dan halal
haramnya suatu produk bank di mana hal tersebut berkaitan erat dengan
religiusitas dari orang tersebut. Religiusitas bukan hanya berkaitan dengan
aktivitas yang tampak (ibadah), akan tetapi juga berkaitan dengan aktivitas yang
tidak tampak dan terjadi dalam hati seseorang. Menabung merupakan aktivitas
yang memerlukan adanya keinginan dalam diri seseorang (minat) agar
perilakunya terarah pada aktivitas tersebut (menabung).
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh
pengetahuan, fasilitas dan religiusitas baik secara parsial maupun serempak
terhadap minat menabung di Bank Syariah. Sedangkan tujuan penelitian ini
adalah menganalisis pengaruh variabel pengetahuan, fasilitas dan religiusitas baik
secara parsial maupun serempak terhadap minat menabung di Bank Syariah.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research dan menggunakan metode
analisis kuantitatif dengan model regresi berganda menggunakan SPSS 16.0 for
Windows. Objek penelitian adalah Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah
STAIN Pekalongan tahun angkatan 2007-2011. Data primer diperoleh melalui
kuesioner yang dibagikan kepada 84 responden dari populasi total 506 mahasiswa
dengan teknik penarikan sampel proportionate stratified random sampling.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari pengetahuan, fasilitas dan
religiusitas baik secara parsial maupun serempak berpengaruh signifikan terhadap
minat menabung di Bank Syariah. Di mana fasilitas memiliki pengaruh paling
dominan terhadap minat menabung yakni sebesar 21,7%, sedangkan untuk
pengetahuan sebesar 10% dan religiusitas sebesar 8,4%. Untuk nilai adjusted R2
dalam model ini yakni 0,421, hal ini berarti 42,1% variasi variabel minat
menabung dapat dijelaskan oleh variasi dari variabel independen (pengetahuan,
fasilitas dan religiusitas). Sedangkan sisanya 57,9% dijelaskan oleh sebab-sebab
yang lain di luar model.
00SK004413.00 | SK ES12.044 ARI p C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain