SKRIPSI PAI
Implementasi Metode Pembelajaran Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP Negeri 2 Pekalongan Dan Di SMP Negeri 14 Pekalongan
Suatu proses pendidikan lebih spesifik dalam proses belajar mengajar. Salah satu komponen penting yang turut mendukung sistem kependidikan adalah metode. Tanpa metode maka transmisi pengetahuan, moral dan ketrampilan dapat dipastikan tidak akan terjadi antara pendidikan dan anak didik. Metode merupakan instrumen penghubung antara pendidik dan anak didik dalam arus besar transformasi kependidikan. Metode berperan penting untuk tercapainya suatu tujuan pembelajaran. Sehingga betapa pentingnya metode pembelajaran dalam proses belajar-mengajar khususnya dalam pendidikan agama islam. Pelaksanaan yang baik, seperti sarana dan prasarana penunjang, kemampuan pengajar yang sangat menguasai penggunaan metode pembelajaran serta motivasi belajar peserta didik yang tinggi. Adapun yang dijadikan permasalahan dalam skripsi ini adalah Bagaimana metode pembelajaran dalam mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP N 2 Pekalongan, Bagaimana metode pembelajaran dalam mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP N 14 Pekalongan serta Bagaimana implementasi metode pembelajaran pada mata pelajaran PAI di SMP N 2 Pekalongan dan di SMP N 14 Pekalongan. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan secara obyektif penggunaan metode pembelajaran dalam mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP N 2 Pekalongan dan di SMP N 14 Pekalongan. Kegunaan dari penelitian ini yaitu sebagai upaya pengembangan ilmu pendidikan dalam hal metode pembelajaran dan memberi informasi kepada pendidik sebagai bahan pertimbangan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : Metode yang digunakan dalam mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP N 2 Pekalongan dan di SMP N 14 Pekalongan adalah metode diskusi, metode ceramah, metode tanya jawab, metode demonstrasi dan metode penugasan. Sedangkan implementasi metode yang berbeda antara SMP N 2 Pekalongan dan di SMP N 14 Pekalongan adalah yang digunakan di SMP N 2 Pekalongan hanya metode kerja kelompok, metode belajar dengan teman sebaya, dan metode sosiodrama. Dan yang digunakan di SMP N 14 Pekalongan hanya metode keteladanan, metode modeling, dan metode contextual teaching and learning [CTL].
04SK044121.00 | SK PAI12.441 ADI i C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain