SKRIPSI PAI
Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTS Tholabuddin Masin Warungasem Batang
Konsep kepemimpinan berkaitan dengan kompetensi dan gaya yang
diterapkan oleh pemimpin. Gaya kepemimpinan menunjukkan bahwa kita
berurusan dengan kombinasi bahasa dan tindakan. Pola bahasa dan tindakan yang
bagaimana yang dapat digunakan kepala sekolah untuk membantu guru mencapai
tujuan pengajaran yang diinginkan. Setiap kepala sekolah membawa pengaruh
terhadap pengajaran untuk kebaikan dan keburukan, maka dari itu harus mengenal
kebutuhan para guru dan personal pendidikan lainnya.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana gaya
kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru di MTs Tholabuddin Masin.
Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat kepemimpinan kepala sekolah
dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Tholabuddin Masin. Sehingga tujuan
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan gaya kepemimpinan kepala sekolah
dan kinerja guru di MTs Tholabuddin Masin, serta untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat kepemimpinan kepala sekolah dalam
meningkatkan kinerja guru di MTs Tholabuddin Masin. Sedangkan manfaat
penelitian ini diharapkan dapat menambah dan mengembangkan ilmu
pengetahuan ilmiah di bidang pendidikan, khususnya tentang gaya kepemimpinan
kepala sekolah dan kinerja guru.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research),
menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun metode
pengumpulan data yang digunakan adalah metode Observasi, Wawancara,
Dokumentasi dan Analisis data.
Hasil penelitian menghasilkan kesimpulan bahwa gaya kepemimpinan
kepala sekolah di MTs. Tholabuddin Masin adalah gaya kepemimpinan
demokrasi. Hal ini dibuktikan bahwa dalam kepemimpinannya selalu memberikan
kesempatan yang luas kepada setiap personil untuk berpartisipasi secara aktif
dalam mengembangkan dan memajukan organisasi, selain itu terbukti dalam
pengambilan kebijakan selalu melalui rapat atau musyawarah guna mencapai
mufakat. Sedangkan kinerja guru di MTs Tholabuddin Masin dinilai sudah cukup
baik. Hal ini dibuktikan dengan sebagian guru sudah dapat melaksanakan tugas
pokok masing-masing guru di sekolah antara lain merencanakan pembelajaran,
melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi pembelajaran, menganalisis hasil
evaluasi pembelajaran dan melaporkan hasil pekerjaan kepada kepala sekolah.
15SK1521437.00 | SK PAI 15.437 MAG g | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain