SKRIPSI PAI
konsep Pendidikan Aqidah Dalam Keluarga Menurut M.Quraish Shihab
Banyak orang tua meremehkan pendidikan aqidah yang seharusnya
diterima anak sejak usianya masih kanak-kanak (dini) sebelum mereka dikenalkan
dengan pendidikan yang lainnya. Mereka lebih fokus dalam mengarahkan anak-anaknya pada aspek ilmu pengetahuan umumnya saja dengan anggapan bahwa
pendidikan aqidah itu tidak terlalu penting bagi kehidupan mereka kelak. Perlu
dipahami bahwa pendidikan aqidah bagi anak-anak khususnya diusianya yang
dini dalam keluarga tidak bisa diabaikan begitu saja karena hal itu merupakan
pendidikan yang paling awal bagi anak. Pada dasarnnya pendidikan aqidah
memiliki pengaruh yang besar bagi kehidupan anak untuk membekali dan
mempersiapkan anak sebelum melangkah dan mengahadapi lingkungan luar
keluarganya. M. Quraish Shihab merupakan tokoh Islam sekaligus mufasir
kontemporer yang memiliki perhatian besar dalam hal pendidikan aqidah anak
dalam keluarga yang perlu diteladani dan diapresiasi pemikirannya.
Rumusan masalahnya adalah: bagaimana tujuan pendidikan aqidah dalam
keluarga menurut M. Quraish Shihab, bagaimana materi pendidikan aqidah dalam
keluarga menurut M. Quraish Shihab, dan apa saja metode pendidikan aqidah
dalam keluarga menurt M. Quraish Shihab. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui tujuan, materi dan metode pendidikan aqidah dalam keluarga menurut
M. Quraish Shihab. Sedangkan kegunaan penelitian ini adalah untuk menambah
wawasan dan pemahaman tentang pendidikan aqidah anak khususnya dalam
lingkungan keluarga, memberikan gambaran orang tua pentingnya pendidikan
aqidah yang harus ditanamakan kepada anak sejak dini untuk bekal kehidupannya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
kepustakaan (library research). Sumber data dibagi menjadi dua macam yaitu:
sumber data primer terdiri dari buku-buku karya M. Quraish Shihab dan sumber
data sekunder terdiri dari buku-buku penunjang lainnya. Pengumpulan datanya
menggunakan metode dokumentasi. Dalam menganalisis data-data yang ada
digunakan metode deskriptif dan content analysis
15SK1521433.00 | SK PAI 15.433 ROK k | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain