SKRIPSI PAI
Pengaruh Kepribadian Pendidik Aqidah Akhlak Terhadap Pembentukan Akhlak Peserta Didik MII Candi Areng Warungasem Batang
Kepribadian pendidik aqidah akhlak merupakan unsur terpenting yang harus dimiliki dan dilaksanakan oleh seorang pendidik. Faktor penting bagi pendidik adalah kepribadiannya, peserta didik dituntut memiliki kepribadian yang mantap, adil, disiplin, menjadi teladan bagi peserta didik, serta berakhlak mulia. Dengan kepribadian yang baik seorang pendidik akan menjadi suri teladan bagi anak didiknya dalam berperilaku, terutama bagi peserta didik usia sekolah dasar yang sangat membutuhkan perhatian, bimbingan, dan arahan. Dari latar belakang rumusan di atas, Pertama, bagaimana kepribadian pendidik aqidah akhlak di MII Candi Areng Warungasem Batang, Kedua, bagaimana akhlak peserta didik di MII Candi Areng Warungasem Batang, Ketiga, bagaimana pengaruh kepribadian pendidik aqidah akhlak terhadap pembentukan akhlak peserta didik di MII Candi Areng Warungasem Batang. Kemudian tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kepribadian pendidik aqidah akhlak dan akhlak peserta didik dan untuk mengetahui pengaruh kepribadian pendidik aqidah akhlak terhadap pembentukan akhlak peserta didik di MII Candi Areng Warungasem Batang. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini antara lain memakai pendekatan kuantitatif, yaitu menekankan analisisnya pada data-data numerikal [angka] yang diolah dengan metode statistika. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah field research yaitu riset yang dilakukan di kancah atau lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode angket, metode observasi, metode dokumentas, dan metode analisis data yaitu dengan menggunakan rumus analisis Product Moment. Hasil dari penelitian ini dengan populasi peserta didik kelas III, IV, V dan VI yang berjumlah 118 peserta didik dan sampel yang diambil 30% dari jumlah populasi yiatu 34 peserta didik, menunjukkan bahwa kepribadian pendidik aqidah akhlak mempunyai pengaruh positif terhadap akhlak peserta didik MII Candi Areng Warungasem Batang. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan korelasi antara variabel X dan variabel Y dengan jumlah 0,965 memiliki korelasi yang signifikan pada taraf signifikan 5% [rxy = 0,965 > rt = 0,339], taraf 1% nilai rxy sebesar 0,965 dan rt = 0,436 sehingga rxy > rt, berarti signifikan. Sehingga hipotesis yang diajukan diterima, bahwa kepribadian pendidik aqidah akhlak mempunyai pengaruh positif terhadap pembentukan akhlak peserta didik MII Candi Areng Warungasem Batang.
04SK042921.00 | SK PAI12.429 HER p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain