SKRIPSI PAI
Upaya Meningkatkan Minat Menghafalkan Asmaul Husna Melalui Metode Pembiasaan Di Kelas VI SDN 01 Kedungwuni Pekalongan
Penelitian ini dilakukan di kelas VI SDN 01 Kedungwuni Pekalongan karena siswa kelas VI kurang minat belajar menghafalkan Asmaul Husna, siswa kurang memperhatikan guru, siswa mengantuk, bila disuruh hafalan tidak bisa, melalui pembiasaan menghafalkan asmaul husna siswa dapat tenang, damai hatinya, dan meningkat minat belajarnya. Rumusan masalah penelitian ini : Apakah metode pembiasaan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI SDN 01 Kedungwuni Pekalongan, dan bagaiamana upaya meningkatkan minat menghafalkan Asmaul Husna melalui di kelas VI SDN 01 Kedungwuni Pekalongan? Tujuannya untuk meningkatkan minat siswa terhadap hafalan Asmaul Husna melalui metode pembiasaan dan untuk mengetahui upaya menghafalkan Asmaul Husna di kelas VI SDN 01 Kedungwuni Pekalongan. Manfaat dari penelitian ini dapat meningkatkan minat dan hasil belajar menghafalkan asmaul husna, dapat meningkatkan kemampuan mengajar guru, dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian tindakan kelas selama 2 siklus. Subjek penelitian ini sebanyak 38 anak terdiri atas 16 siswa laki-laki dan 22 siswi perempuan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Cara pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, angket minat, dan teknik observasi. Tolak ukur keberhasilan tindakan dalam penelitian ini adalah apabila rata-rata kelas sekurang-kurangnya 65, persentase tuntas secara klasikal sekurang-kurangnya 85%. Hasil dari penelitian bahwa melalui metode pembiasaan minat menghafalkan asmaul husna siswa kelas VI SDN 01 Kedungwuni Pekalongan dapat meningkat dibuktikan : Prestasi pembiasaan yang dicapai setelah dilakukan tindakan melalui metode pembiasaan, pada siklus I memperoleh rata-rata skor sebesar 7,57 dan tuntas belajar secara klasikal sebesar 60,53%. Pada siklus II prestasi belajar siswa meningkat dengan perolehan rata-rata skor sebesar 83,94 dan tuntas belajar secara mencapai 86,84%. Hasil observasi aktivitas pembiasaan siswa secara pada siklus I mencapai 61,27% dengan kriteria cukup baik dan pada siklus II memperoleh skor 77,28% kriteria baik. Observasi aktivitas guru diperoleh nilai rata-rata 2,2 dengan kriteria baik, pada siklus I dan 3,66 pada siklus II dengan kriteria sangat baik, dan angket minat pada siklus I diperoleh rata-rata 2,98 dengan kriteria cukup berminat, siklus II diperoleh rata-rata 3,73 dengan kriteria berminat.
04SK042621.00 | SK PAI12.426 DIY u C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain