SKRIPSI PAI
Relevansi Konsep Pendidik Menurut KH. Hasyim Asyari Dalam Kitab Adab Al Alim Wa Al Mutaallim Dengan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam
Guru adalah komponen utama yang mempengaruhi terciptanya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas, karenanya harus didukung oleh empat kompetensi yang harus dimiliki seorang pendidik yaitu Kompetensi Personal, Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Sosial dan Kompetensi Profesional sebagaimana yang tertulis dalam Undang-Undang Guru dan Dosen. Sebagai tokoh pendidikan, KH. Hasyim Asyari menuangkan pemikirannya dalam kitab Adab Al Alim Wa Al Mutaallim yang antara lain berisi tentang etika guru bagi dirinya [kompetensi personal], etika guru terhadap pelajarannya [kompetensi pedagogis dan etika guru terhadap muridnya [kompetensi profesional]. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidik menurut KH. Hasyim Asyari dan untuk mengetahui bagaimana kompetensi guru termasuk guru Pendidikan Agama Islam, juga untuk mengetahui apakah ada relevansi antara konsep pendidik menurut KH. Hasyim Asyari dalam kitab Adab Al Alim Wa Al Mutaallim dengan konsep kompetensi guru Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi pustaka. Tehnik ynag digunakan adalah metode dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan metode dokumentasi dan analisis isi. Dari analisis data menunjukkan bahwa ada hubungan positif. Konsep pendidik menurut KH. Hasyim Asyari dalam kitab Adab Al Alim Wa Al Mutaallim memiliki persepsi sama dengan konsep guru Pendidikan Agama Islam di Indonesia dan konsep tersebut bisa diterapkan di pesantren, sekolah dasar dan sekolah menengah.
04SK042221.00 | SK PAI12.422 SHO r C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain