SKRIPSI PAI
Pengaruh Perpustakaan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Dan VIII Di MTs Muhammadiyah Darussalam Donowangun Talun Kabupaten Pekalongan
Prestasi belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor dan salah satu diantaranya adalah siswa masih kurang memanfaatkan fasilitas perpustakaan yang ada di sekolahannya. Pada penelitian ini rumusan masalahnya adalah Bagaimana pengelolaan perpustakaan di MTs Muhammadiyah Darussalam Donowangun Talun Kabupaten Pekalongan, Bagaimana prestasi belajar Bahasa Indonesia kelas VII Dan VIII semester I di MTs Muhammadiyah Darussalam Donowangun Talun Kabupaten Pekalongan tahun 2010/2011, Bagaimana pengaruh perpustakaan terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia kelas VII Dan VIII semester I di MTs Muhammadiyah Darussalam Donowangun Talun Kabupaten Pekalongan tahun 2010/2011. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan perpustakaan di MTs Muhammadiyah Darussalam Donowangun Talun Kab. Pekalongan, untuk mengetahui prestasi belajar Bahasa Indonesia kelas VII Dan VIII semester I di MTs Muhammadiyah Darussalam Donowangun Talun Kabupaten Pekalongan tahun 2010/2011, dan untuk mengetahui pengaruh perpustakaan terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia kelas VII Dan VIII semester I di MTs Muhammadiyah Darussalam Donowangun Talun Kabupaten Pekalongan tahun 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan [field research]. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Muhammadiyah Darussalam Donowangun Talun sebanyak 129 siswa. Sebagai sampel diambil 20% dari jumlah populasinya yaitu 25 siswa. Cara pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling [pengambilan secara acak]. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode observasi, angket, interview dan dokumentasi. Analisa data menggunakan rumus korelasi product moment. Variabel penelitian ini terdiri dari : [1] variabel X, yaitu pengaruh perpustakaan dan [2] variabel Y yaitu prestasi belajar siswa. Hasil angket tentang pengelolaan perpustakaan yang diberikan terhadap 25 peserta didik dengan nilai rata-rata 64,84 kategori cukup kuat. Dan prestasi belajar Bahasa Indonesia kelas VII Dan VIII nilai rata-rata diperoleh 67,64 tergolong baik. Sedangkan pengaruh perpustakaan terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia setelah diuji dengan taraf signifikan 5% rcy = 0,614 > rt = 0,396 dan pada taraf signifikan 1% rxy = 0,614 > rt = 0,505. Dan dikualifikasikan nilai rxy = 0,614 dan N = 25 dimasukkan dalam penggolongan tentang tinggi rendahnya koefisien korelasi termasuk kelompok antara 0,41 - 0,70 yang berarti cukup. Ini berarti bahwa hipotesa yang diajukan dalam penelitian ini terbukti dengan hasil korelasi cukup dan hasilnya adalah positif yaitu 0,614 yang dibulatkan 0,61.
04SK041721.00 | SK PAI12.417 CAS p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain