SKRIPSI PAI
Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Al Quran Hadits Melalui Metode Qiraati Bagi Siswa Kelas IV Di SD Islam Gondang Wonopringgo Pekalongan Semester I Tahun Pelajaran 2011/2012
Untuk meningkatkan keberhasilan proses belajar mengajar, guru dituntut untuk memilih dan menentukan strategi belajar mengajar agar siswa dapat mengembangkan segala kemampuan belajarnya. Proses belajar mengajar dapat bermakna dan berdaya guna apabila guru dapat menciptakan suasana belajar yang merangsang prestasi belajar, meningkatkan hasil-hasil yang dicapai oleh peserta didik, dan memberikan penghargaan yang telah dicapai. Adapun yang menjadi perumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah : [1] Bagaimana prestasi belajar Al Quran Hadits siswa kelas IV di SD Islam Gondang Wonopringgo Pekalongan Semester I Tahun Pelajaran 2011/2012 [2] Bagaimana metode Qiraati guna meningkatkan minat dan kemampuan belajar Al Quran Hadits melalui metode Qiraati bagi siswa kelas IV di SD Islam Gondang Wonopringgo Pekalongan Semester I Tahun Pelajaran 2011/2012. Adapun jenis penelitian dari penulisan skripsi ini adalah penelitian tindakan kelas {Classroom Action Research}. Penelitian tindakan merupakan suatu proses yang memberikan kepercayaan kepada pengembang kekuatan berpikir reflektif, diskusi, penentuan keputusan dan tindakan orang-orang biasa yang berpartisipasi dalam penelitian untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang mereka hadapi dalam kegiatannya siswa kelas IV SD Islam Gondang Wonopringgo Pekalongan. Siswa kelas IV berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 1 siswa perempuan. Disamping itu, guru pengamat dan guru peneliti, jumlah guru di SD Islam Gondang Wonopringgo Pekalongan ada 10 guru. Peningkatan kemampuan belajar Al Quran Hadits siswa kelas IV SD Islam Gondang Wonopringgo Pekalongan pada tahun Pelajaran 2011/2012 dengan menggunakan Metode Qiraati pembelajaran melalui data dari penelitian tindakan kelas persiklus. Dari prasiklus yang belum dapat meningkatkan kemampuan belajar Al Quran Hadits dengan tepat dan benar hanya 6 siswa [23,1%], yang cukup 14 siswa [53,8%] dan belum masih sejumlah 6 siswa [23,1%]. Kemudian pada siklus I yang sudah bisa ada 8 siswa [30,8%], yang cukup bisa ada 12 siswa [46,1%] dan yang belum bisa masih ada 6 siswa [23,1%]. Kemudian pada siklus II menunjukkan yang sudah mampu 10 siswa [38,5%], yang cukup 12 siswa [46,1%] dan yang belum masih ada 4 siswa [15,4%] dan pada siklus III sebagai tahap akhir menunjukkan hasil berupa yang sudah dapat meningkatkan kemampuan belajar Al Quran Hadits dengan tepat dan benar adalah 16 siswa [61,54%]
04SK041621.00 | SK PAI12.416 KHA u C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain