SKRIPSI PAI
Manajemen Mutu Sekolah Di MI Al Ikhsan Ujungnegoro Kandeman Batang
Manajemen merupakan alternatif strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Pengelolaan sebuah lembaga pendidikan pada saat sekarang belum ditunjang oleh manajemen yang baik sehingga mutu atau kualitas sekolah masih jauh dari yang diharapkan. Untuk mencapai tujuan pendidikan diperlukan sebuah manajemen pengelolaan sekolah yang baik, alasannya tanpa manajemen tidak mungkin tujuan pendidikan dapat diwujudkan secara optimal, efektif dan efisien. Dengan demikian timbul permasalahan : Bagaimana mutu pendidikan di MI Al Ikhsan Ujungnegoro Kandeman Batang? Bagaimana manajemen mutu pendidikan di MI Al Ikhsan Ujungnegoro Kandeman Batang? Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui Bagaimana mutu pendidikan di MI Al Ikhsan, untuk mengetahui manajemen mutu pendidikan di MI Al Ikhsan. Kegunaan penelitian ini secara teoritis dapat dijadikan sebagai sumbangsih pemikiran tentang manajemen pendidikan, sebagai bahan penunjang serta arahan dalam peningkatan mutu pendidikan. Sedangkan secara praktis untuk memperluas cakrawala pengetahuan yang lebih mendalam dan sebagai modal pengetahuan dalam usaha meningkatkan kualitas pendidikan melalui manajemen yang profesional, bagi para pelaku pendidikan dan penulis untuk menambah wawasan manajemen pendidikan dan mutu pendidikan. Hasil penelitian bahwa mutu pendidikan di MI Al Ikhsan sudah baik. Salah satu indikator yang menunjukkan adalah hasil Ujian Nasional. Selama ini 3 tahun terakhir MI Al Ikhsan telah meluluskan siswa 100% dan prestasi-prestasi lainnya. Peningkatan mutu pendidikan tersebut melibatkan lima faktor dominan yaitu kepala madrasah, guru, siswa, kurikulum dan jaringan kerjasama. Berdasarkan analisis manajemen mutu pendidikan MI Al Ikhsan dalam berbagai bidang diantaranya manajemen pengelolaan kurikulum yang menerapkan KTSP, manajemen tenaga pendidikan cukup baik, karena sebagian besar tenaga pendidik telah S.1, manajemen kesiswaan, kegiatan pembelajaran siswa atau kegiatan belajar mengajar, kegiatan keorganisasian siswa di madrasah, bimbingan belajar dalam rangka membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar dan untuk menempuh ujian akhir, dan kegiatan pengembangan diri yang bertujuan mengembangkan potensi yang dimiliki siswa, manajemen sarana dan prasarana dikelola dengan baik oleh pihak madrasah agar bisa menunjang keberhasilan pembelajaran dan tujuan madrasah.
04SK041121.00 | SK PAI12.411 HID m C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain