SKRIPSI PAI
Pengaruh Metode Menyanyi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SDN 01 Rowosari Limpung Batang
Sebagai salah satu komponen pengajaran, metode menempati peranan yang tidak kalah pentingnya dari komponen lainnya dalam kegiatan belajar mengajar. Tidak satupun kegiatan belajar mengajar yang tidak menggunakan metode pengajaran. Penggunaan metode yang tepat dan bervariasi akan dapat di jadikan sebagai alat motivasi ekstrinsik dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Metode menyanyi merupakan metode yang diterapkan oleh guru untuk memotivasi anak didik agar tidak mengalami kejenuhan dalam pembelajaran. Dalam skripsi ini ada tiga permasalahan yang penulis kemukakan yaitu : bagaimana aplikasi metode menyanyi di SDN 01 Rowosari Limpung Batang?, bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SDN 01 Rowosari Limpung Batang?, adakah pengaruh metode menyanyi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI? Adapun kegunaan penelitian ini yaitu yang pertama kegunaan teoritis untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana pengaruh metode menyanyi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI, yang kedua kegunaan praktis : a.] dapat memberi masukan bagi guru untuk berinovasi dalam menggunakan strategi pembelajaran, b.] dapat menambah khasanah ilmu pengetahuan bagi penulis khususnya dan bagi pembaca pada umumnya. Hasil penelitian ini yaitu bahwa aplikasi metode menyanyi menunjukkan kategori sangat baik, hal ini dibuktikan dengan hasil 22 responden berada pada interval 45-60 dengan nilai persentase 32,43% sedangkan motivasi belajar PAI dapat diklasifikasikan kedalam kategori sangat baik ini dibuktikan dengan 12 responden pada interval 54-60 dengan nilai persentase 32,43%. Pengaruh metode menyanyi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dengan teknik korelasi product moment diperoleh rxy = 0,428 nilai tersebut terdapat pada interpretasi nilai r antara 0,400 - 0,700 yang berarti bahwa aplikasi metode menyanyi mempunyai pengaruh yang cukup / sedang terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Hal ini dapat dibuktikan baik pada taraf signifikan 5% maupun 1%, pada taraf signifikan 5% didapatkan rt = 0,325 pada taraf signifikan 1% didapatkan rt = 0,418. Dengan demikian pada taraf signifikan 5% maupun 1% rxy lebih besar daripada rt yang berarti adanya pengaruh positif antara metode menyanyi terhadap motivasi belajar PAI di SDN 01 Rowosari Limpung Batang.
03SK039821.00 | SK PAI12.398 SAM p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain