SKRIPSI PAI
Mutu Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional Perspektif Total Quality Management [Studi Deskriptif Di SMP N 2 Pekalongan]
Adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membawa manusia pada persaingan global yang semakin kompetitif. Agar mampu berperan dalam persaingan global maka sebuah keharusan bagi suatu bangsa untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusianya. Sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki daya saing yang kuat di tingkat Internasional, tentunya dihasilkan dari pendidikan yang bermutu dan relevan dengan kebutuhan masyarakat. Adanya Sekolah Bertaraf Internasinal [SBI] merupakan salah satu jawaban dari permasalahan tersebut. SMP N 2 Pekalongan senantiasa berusaha meningkatkan mutu dengan melakukan perbaikan yang terus menerus khususnya dari sisi manajemen serta memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pelanggannya. Melalui penerapan Total Quality Management [TQM] SMP N 2 Pekalongan siap bersaing dengan sekolah-sekolah lain dalam menghasilkan lulusan-lulusan yang berkualitas. Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan adalah : [1] Bagaimana mutu rintisan sekolah bertaraf Internasional?, [2] Bagaimana persepsi pendidik [Guru] dan peserta didik di SMP N 2 Pekalongan terkait Mutu Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional [SBI] Perspektif Total Quality Management [TQM]? Tujuan penelitian ini adalah : [1] Untuk mendeskripsikan Mutu Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional, [2] Untuk mendeskripsikan persepsi pendidik [Guru] dan peserta didik di SMP N 2 Pekalongan terkait Mutu Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional [SBI] Perspektif Total Quality Management [TQM]. Kegunaan dari penelitian secara teoritis adalah untuk menambah khasanah keilmuan tentang manajemen pendidikan, untuk menambah sumbangan pemikiran bagi semua pihak dalam pengembangan mutu pendidikan dan untuk dijadikan sebagai salah satu bahan perbandingan dan bahan tambahan bagi penelitian lain yang meneliti masalah sejenis. Kemudian secara praktis hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan pada institusi terkait dalam hal pengambilan kebijakan tentang peningkatan mutu sekolah dan dapat dijadikan sebagai tolak ukur dalam dalam peningkatan mutu rintisan Sekolah Bertaraf Internasional [SBI]. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan [field research]. Teknik pengumpulan data dengan observasi [pengamatan], dokumentasi dan wawancara yang melibatkan orang-orang berkaitan langsung dengan pengelolaan Rintisan SBI. Teknik analisa data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan simpulan. Hasil dari penelitian ini terlihat bahwa dalam pengembangan mutu rintisan Sekolah Bertaraf Internasional SMP N 2 Pekalongan telah berusaha menerapkan 4 prinsip Total Quality Management, walaupun masih belum maksimal. Untuk dapat mencapai Sekolah Bertaraf Internasional [SBI], SMP N 2 Pekalongan masih perlu melakukan usaha-usaha yang lebih keras lagi.
03SK039721.00 | SK PAI12.397 ADI m C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain