SKRIPSI PAI
Efektivitas Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membimbing Siswa Bermasalah Di SMP Islam YPI Buaran Pekalongan
Di sekolah sangat mungkin ditemukan siswa yang bermasalah. Untuk menangani siswa yang bermasalah, sangat diperlukan peran guru Pendidikan Agama Islam yang mempunyai kewajiban memberikan pembinaan akhlak mulia dan meluruskan perilaku buruk siswanya, sehingga pendidikan yang bermutu dapat tercipta. Dalam penelitian ini, rumusan masalah yang diajukan adalah : Bagaimana siswa bermasalah di SMP Islam YPI Buaran Pekalongan? Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membimbing siswa bermasalah di SMP Islam YPI Buaran Pekalongan? Dan bagaimana efektivitas peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membimbing siswa bermasalah di SMP Islam YPI Buaran Pekalongan? Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi bentuk siswa bermasalah di SMP Islam YPI Buaran Pekalongan, untuk mengidentifikasi peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membimbing siswa bermasalah di SMP Islam YPI Buaran Pekalongan, dan untuk mengidentifikasi efektivitas peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membimbing siswa bermasalah di SMP Islam YPI Buaran Pekalongan. Sedangkan kegunaannya yaitu secara teoritis untuk memperkaya khasanah kepustakaan sebagai literatur akademis dan dapat menambah wawasan keilmuan mengenai pentingnya peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membimbing siswa bermasalah, dan sebagai bahan acuan bagi para guru serta orang tua dalam membimbing anak didik agar menjadi individu yang patuh terhadap aturan yang berlaku baik di masyarakat maupun di sekolah. Hasil penelitian ini yaitu bahwa siswa bermasalah di SMP Islam YPI Buaran Pekalongan yaitu meliputi antara lain : datang terlambat dari jam yang ditentukan, berkuku panjang, tidak masuk tanpa keterangan, tidak memakai seragam sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, tidak mengikuti shalat berjamaah, merokok, berambut panjang, membuat kegaduhan di kelas, bermain HP [Handphone] pada saat pelajaran berlangsung, tidak mengerjakan tugas PR yang diberikan oleh guru, dan memakai sepatu dan kaos kaki tidak sesuai dengan ketentuan. Adapun peran guru Pendidikan Agama Islam di SMP Islam YPI Buaran Pekalongan dalam membimbing siswa bermasalah adalah dengan melalui dua pendekatan yaitu pendekatan disiplin dan pendekatan bimbingan dan konseling. Peran guru pendidikan agama islam dalam membimbing siswa bermasalah di SMP Islam YPI Buaran Pekalongan dapat dikatakan efektif karena dapat mencapai tujuannya secara ideal. Melalui bimbingan dari guru, tumbuh rasa sadar dalam diri siswa bermasalah dengan mengakui kesalahannya, berjanji tidak akan mengulanginya lagi, dan keinginan untuk tekun belajar dengan mentaati segala peraturan sekolah.
03SK039521.00 | SK PAI12.395 PER e C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain