SKRIPSI PAI
Penggunaan Media Buku Cerita Dalam Proses Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam [Studi Kasus Di MI Walisongo 02 Pajomblangan Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan]
Pembelajaran adalah proses pengaturan lingkungan yang disarankan untuk mengubah perilaku siswa ke arah yang positif dan lebih baik sesuai dengan potensi dan perbedaan yang dimiliki siswa. Oleh sebab itu, pembelajaran merupakan proses menciptakan iklim yang membuat siswa betah dan merasa senang sehingga mereka dapat berkembang secara optimal sesuai dengan bakat, minat dan potensi yang dimilikinya. Permasalahan yang seringkali dijumpai dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam adalah bagaimana cara menyajikan materi kepada peserta didik secara baik sehingga diperoleh hasil efektif dan efisien. Disamping itu, masalah lain yang juga sering ditemukan adalah kurangnya perhatian guru Sejarah Kebudayaan Islam terhadap variasi dalam proses pembelajaran dalam upaya peningkatan mutu pembelajaran secara baik. Sebagai alternatif jawaban terhadap masalah-masalah tersebut, sangat diperlukan pangkajian secara kontinuitas dan mendalam tentang media buku cerita yang digunakan dalam proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Walisongo 02 Pajomblangan Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan dan bagaimana penggunaan media buku cerita dalam proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Walisongo 02 Pajomblangan Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Adapun tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Walisongo 02 Pajomblangan Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan, untuk menganalisis tentang penggunaan media buku cerita dalam proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Walisongo 02 Pajomblangan Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Sedangkan kegunaan penelitian ini adalah sebagai bahan masukan bagi lembaga pendidikan khususnya Sejarah Kebudayaan Islam di MI Walisongo 02 Pajomblangan Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan terhadap proses pembelajaran, sebagai bahan analisa untuk memperbaiki mutu pendidikan Sejarah Kebudayaan Islam di MI Walisongo 02 Pajomblangan Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan dan sebagai bahan pertimbangan bagi guru untuk memilih media dalam proses pembelajaran. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode pengumpulan data antara lain : interview, dokumentasi, dan observasi. Populasi penelitiannya adalah guru Sejarah Kebudayaan Islam di MI Walisongo 02 Pajomblangan Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Pendekatan yang digunakan adalah adalah kualitatif. Setelah penelitian ini dianalisa maka dapat diketahui hasilnya bahwa pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Walisongo 02 Pajomblangan Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan dikategorikan baik, alokasi waktu pembelajaran tersedia, silabus pembelajaran ada, rencana pembelajaran sudah ada, metode pembelajaran yang telah ada kurang bervariasi. Evaluasi yang digunakan sudah sesuai dengan 2 aspek penilaian yaitu kognitif dan psikomotorik. Media buku cerita adalah alat bantu yang digunakan untuk proses pembelajaran yang berupa buku yang berisikan berbagai cerita yang menarik.
03SK038721.00 | SK PAI12.387 USM p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain