SKRIPSI PAI
Perbedaan Kemampuan Membaca Dan Menulis Al Quran Antara Siswa Yang Belajar Di TPQ Dengan Siswa Yang Belajar Di Madrasah Diniyah [Studi Kasus Di SDN 05 Purwoharjo Comal Pemalang]
Pemberian pelajaran dan bimbingan pengajaran Al Quran terhadap anak-anak hendaknya dari semenjak kecil. Kewajiban belajar membaca dan menulis Al Quran ini dapat dilakukan secara formal di sekolah dan nonformal baik di TPQ, Madrasah Diniyah maupun di rumah. Sebagai sebuah usaha meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al Quran maka diperlukan bimbingan terhadap peserta didik, diantaranya untuk belajar di pendidikan nonformal baik di TPQ maupun di Madrasah Diniyah. Hasil penelitian ini adalah bahwa kemampuan membaca Al Quran siswa yang belajar di TPQ lebih tinggi dari kemampuan membaca Al Quran siswa yang belajar di Madrasah Diniyah. Hal ini dikarenakan, TPQ lebih menekankan pada kemampuan membaca Al Quran. Berdasarkan dari hasil penelitian yang penulis lakukan, membuktikan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan membaca Al Quran antara siswa yang belajar di TPQ dan siswa yang belajar di Madrasah Diniyah. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa analisis perbandingan dari kedua hal tersebut diperoleh hasil t0 = 0,3077, sedangkan tt pada taraf signifikan 5% = 2,052 dan pada taraf signifikan 1% =2,771. Karena t0 lebih kecil daripada tt maka dapat ditarik kesimpulan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan membaca Al Quran antara siswa yang belajar di TPQ dengan siswa yang belajar di Madrasah Diniyah. Maka dari itu, hipotesis yang penulis ajukan dalam hal kemampuan membaca Al Quran ditolak. Namun dalam kemampuan menulis Al Quran, siswa yang belajar di Madrasah Diniyah lebih tinggi dibanding dengan siswa yang belajar di TPQ. Hal ini dibuktikan dari analisis perbandingan dari kedua hal tersebut diperoleh hasil t0 = 3,1504, sedangkan tt pada taraf signifikan 5% = 2,052 dan pada taraf signifikan 1% = 2,771. Karena t0 lebih besar daripada tt maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan menulis Al Quran antara siswa yang belajar di TPQ dengan siswa yang belajar di Madrasah Diniyah. Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan dalam hal kemampuan menulis Al Quran diterima.
03SK038421.00 | SK PAI12.384 SYA p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain