SKRIPSI PAI
Pola Interaksi Edukatif Antara Guru Dan Murid Di SD Muhammadiyah 01 Pencongan Wiradesa Pekalongan
Interaksi edukatif merupakan hubungan mutlak yang dilakukan antara guru dan murid. Semua unsur interaksi edukatif harus berproses dalam ikatan tujuan pendidikan, karena itu merupakan sebuah kunci keberhasilan dari kegiatan belajar mengajar. Dalam penelitian ini pola interaksi edukatif juga dilakukan oleh guru dan murid di SD Muhammadiyah 01 Pencongan. Dengan latar belakang diatas, maka rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana konsep dasar interaksi edukatif antara guru dan murid, Bagaimana pola interaksi edukatif antara guru dan murid di SD Muhammadiyah 01 Pencongan. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep dasar interaksi edukatif antara guru dan murid, untuk mengetahui mengetahui pola interaksi edukatif yang terjadi di SD Muhammadiyah 01 Pencongan. Di SD Muhammadiyah 01 Pencongan ada tiga pola interaksi edukatif yang digunakan, yaitu pola interaksi demokratis, liberalis dan feodalis. Namun berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan murid, di SD Muhammadiyah 01 Pencongan lebih condong pada pola interaksi edukatif demokratis dalam pembelajarannya. Dalam penulisan skripsi ini dapat diambil kesimpulan mengenai pola interaksi edukatif sebagai konsep penyelenggaraan pembelajaran oleh SD Muhammadiyah 01 Pencongan, diantaranya sebagai berikut : Konsep interaksi edukatif merupakan perwujudan proses pembelajaran dialogis antara guru dan murid. Interaksi edukatif itu sendiri mempunyai makna perilaku timbal balik dan saling mempengaruhi yang bertujuan untuk mengubah perilaku seseorang sesuai dengan tujuan pendidikan. Dan berdasarkan hasil olah data wawancara, menunjukkan bahwa pola interaksi edukatif antara guru dan murid di SD Muhammadiyah 01 Pencongan lebih menggunakan pola interaksi demokratis.
03SK038221.00 | SK PAI12.382 KHO p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain