SKRIPSI PAI
Pengaruh Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran PAI Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SD Krandegan Paninggaran
Metode demonstrasi adalah cara belajar dengan cara memperagakan atau mempertunjukkan sesuatu di hadapan murid, yang dilakukan di dalam maupun di luar kelas. Dengan menggunakan metode demonstrasi, guru telah memfungsikan seluruh alat indera murid, karena proses belajar mengajar dan pemebelajaran yang efektif adalah bila guru mampu memfungsikan seluruh panca indera murid. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pengaruh metode demonstrasi dapat dikatakan baik. Hal ini terbukti dengan memperoleh hasil angket dengan rata-rata 79,03 terdapat pada interval 62,55 - 81,25% [kategori baik] dan prestasi belajar pendidikan agama islam [PAI] di SD Krandegan Paninggaran Pekalongan juga dapat dikatakan lebih dari cukup, hal ini terbukti dengan memperoleh nilai rata-rata 73,58 terdapat pada interval 7 [kategori lebih dari cukup]. Kemudian dari hasil perhitungan dengan rumus product moment dapat diketahui nilai rxy 0,478 dan rt pada taraf signifikan 5% 0,334 maupun pada taraf signifikan 1% 0,430 dapat dikaji bahwa rxy > rt, baik pada taraf signifikan 5% maupun 1%. Hal ini menandakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh positif yang cukup signifikan antara pengaruh metode demonstrasi pada pembelajaran PAI terhadap prestasi belajar di SD Krandegan Paninggaran Pekalongan. Dengan menelaah hasil penelitian diatas, maka hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima bahwa pengaruh metode demonstrasi pada pembelajaran PAI berpengaruh positif terhadap prestasi belajar di SD Krandegan Paninggaran Pekalongan.
03SK037721.00 | SK PAI12.377 CAH p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain