SKRIPSI PAI
Strategi Guru PAI Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar PAI [Studi Kasus Siswa di SMP Negeri 09 Pekalongan]
Masalah kesulitan belajar yang sering dialami oleh para peserta didik disekolah merupakan masalah penting yang perlu mendapat perhatian yang seriusdi kalangan para pendidik. Dikatakan demikian, karena kesulitan belajar yang dialami oleh para peserta didik di sekolah akan membawa dampak negatif, baik terhadap diri siswa itu sendiri, maupun terhadap lingkungannya. Hal ini termanifestasi dalam bentuk timbulnya kecemasan, frustasi mogok sekolah, drop out, keinginan untuk berpindah-pindah sekolah karena malu telah tinggal kelas beberapa kali, dsb. Melihat realita tersebut, peranan strategi guru sangat penting karena guru merupakan sumber yang sangat menguasai informasi tentang keadaan siswa. Sebagai guru sudah menyadari apa yang sebaiknya dilakukan untuk menciptakan kondisi belajar mengajar yang dapat mengantarkan anak didik ke tujuan. Disini tentu saja tugas guru berusaha menciptakan suasana belajar yang menggairahkan dan menyenangkan bagi semua anak didik agar dapat menghasilkan prestasi belajar yang baik sesuai yang diharapkan. Metode penelitiannya adalah dengan pendekatan kuantitatif jenis penelitiannya penelitian lapangan [field research]. Adapun variabel penelitiannya terdiri dari variabel bebas dan variabel terikat. Populasinya yaitu yang berjumlah 132 siswa dan diambil sampel 25% yaitu 33 siswa. Sumber data yang digunakan berasal dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Untuk metode pengumpulan datanya yaitu dengan observasi, interview, dokumentasi dan angket. Metode analisis datanya yaitu dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitiannya yaitu bahwa strategi guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar siswa, siswa termasuk dalam kategori baik yaitu 64 yang terletak antara interval nilai 50 - 64, dan prestasi belajar PAI siswa kelas VIII di SMP Negeri 09 Pekalongan termasuk dalam kategori sangat baik yaitu 68 yang terletak antara interval 65 - 80. Strategi guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar PAI siswa di SMP Negeri 09 Pekalongan. Hal ini dapat diketahui rxy > rt baik pada taraf signifikan 5% yaitu r0 > rt [r0 = 0,975, rt = 0,344] maupun pada taraf signifikan 1% yaitu r0 > rt [r0 = 0,975, rt = 0,0442]. Hal ini berarti behwa strategi guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VIII di SMP Negeri 09 Pekalongan dapat diterima.
03SK037321.00 | SK PAI12.373 MAU s C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain