SKRIPSI PAI
Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Akhlak Kepada Allah Pada Siswa SD Negeri Panjang Wetan 03 Pekalongan
Pendidikan Agama Islam adalah bimbingan jasmani, rohani berdasarkan hukum-hukum agama islam menuju kepada terbentuknya kepribadian utama menurut ukuran-ukuran islam. Dengan pengertian yang lain seringkali disebut dengan istilah Kepribadian muslim, yaitu kepribadian yang memiliki nilai-nilai agama islam. Kepribadian muslim adalah pribadi yang memiliki akhlak yang mulia karena akhlak adalah yang mengendalikan tingkah manusia. Dan akhlak ini harus akhlak yang islami yaitu akhlak yang bersumber pada ajaran-ajaran Rasulullah. Dan Rasulullah sendiri diutus untuk menyempurnakan akhlak. Jadi Pendidikan Agama Islam tidak dapat dipisahkan dari akhlak. Sedangkan akhlak yang paling tinggi derajatnya adalah akhlak kepada Allah. Karena sifatnya vertikal dan sangat rahasia, yang tidak dipengaruhi pamrih apapun. SD Panjang Wetan 03 adalah Lembaga Pendidikan dasar yang menyelenggarakan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada kurikulumnya yang pada akhirnya juga ingin mewujudkan siswa-siswinya menjadi manusia-manusia yang berakhlak mulia. Dari latar belakang masalah tersebut dapat ditarik permasalahan yaitu : Bagaimana pelaksanaan pendidikan agama islam di SD Negeri Panjang Wetan 03 Pekalongan? Bagaimana akhlak kepada Allah anak didik SD Negeri Panjang Wetan 03 Pekalongan? Dan bagaimana pengaruh pendidikan agama islam terhadap akhlak kepada Allah pada SD Negeri Panjang Wetan 03 Pekalongan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan agama islam di SD Negeri Panjang Wetan 03 Pekalongan, untuk mengetahui akhlak siswa di SD Negeri Panjang Wetan 03 Pekalongan, dan untuk mengetahui pengaruh pendidikan agama islam terhadap akhlak kepada Allah pada SD Negeri Panjang Wetan 03 Pekalongan. Sedangkan kegunaannya adalah untuk memperoleh gambaran pelaksanaan pendidikan agama islam di SD Negeri Panjang Wetan 03 Pekalongan, sebagai informasi bagi para pendidik untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi akhlak anak didik terutama akhlak kepada Allah. Sebagai pedoman bagi guru pendidikan agama islam dalam usahanya meningkatkan akhlak anak didiknya, dapat dijadikan bahan acuan bagi yang hendak mengadakan penelitian selanjutnya terutama di bidang pendidikan agama islam pada umumnya dan akhlak pada khususnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan angket kepada responden yang dipilih secara acak untuk dijadikan sampel mewakili populasi yang ada. Sedangkan metode analisis menggunakan teknis analisis product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rh = 0,567 ini lebih besar dari rt pada tarfa signifikan 5% maupun 1%. Sedangkan koofisien determinasi [R2] = 56.70%, yang berarti bahwa 56.70% akhlak kepada Allah siswa SD Negeri Panjang Wetan 03 Pekalongan dipengaruhi oleh Pendidikan Agama Islam. Kesimpulannya adalah bahwa terdapat pengaruh positif antara Pendidikan Agama Islam terhadap akhlak kepada Allah. Semakin tinggi nilai Pendidikan Agama Islam seorang anak maka akan semakin baik pula akhlaknya kepada Allah.
03SK036821.00 | SK PAI12.368 PUT p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain