SKRIPSI PAI
Pembelajaran Interpersonal Dan Intrapersonal Pada Mata Pelajaran PAI Di SDIT Ulul Albab Pekalongan
Kecerdasan interpersonal dan intrapersonal penting dalam membangun kesuksesan anak. Untuk itu perlu dikembangkan sejak dini mungkin. PAI sebagai pendidikan yang mengajarkan penanaman nilai-nilai, akhlak, sikap dan karakter yang luhur hendaknya berkontribusi terhadap pengembangan kecerdasan interpersonal dan intrapersonal anak. Permasalahan pokok yang ingin dijawab dalam skripsi ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran interpersonal dan intrapersonal pada mata pelajaran PAI di SDIT Ulul Albab Pekalongan? Dan faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pelaksanaan pembelajaran interpersonal dan intrapersonal pada mata pelajaran PAI di SDIT Ulul Albab Pekalongan? Skripsi ini diharapkan dapat berguna secara teoritis dan secara praktis bagi pihak-pihak yang berkecimpung dalam dunia pendidikan mengenai pembelajaran interpersonal dan intrapersonal yang nantinya diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran dalam dunia pendidikan. Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa pelaksanaan pembelajaran interpersonal di SDIT Ulul Albab Pekalongan dilaksanakan dalam mengembangkan kemampuan / keterampilan sosial yaitu melalui pembelajaran aktif, kerja kelompok dan diskusi, metode bermain peran dan simulasi, menumbuhkan rasa empati dengan berbagi, menumbuhkan kesadaran diri melalui pembelajaran PAI. Pelaksanaan pembelajaran intrapersonal di SDIT Ulul Albab Pekalongan dilaksanakan secara implisit melalui pembelajaran PAI, pembelajaran intrapersonal dipelajari secara khusus dipelajari pada pembelajaran Character Building. Di dalam CB meliputi materi kedirian [mengenal diri], manajemen diri, manajemen kelompok, dan kepemimpinan. Dalam penilaian pembelajaran interpersonal dan intrapersonal menggunakan teknik penilaian yaitu pengamatan langsung. Penilaian dimasukkan dalam aspek penilaian afektif pada lembar penilaian siswa. Faktor yang mendukung pembelajaran interpersonal dan intrapersonal pada pelajaran PAI diantaranya : pembelajaran Character Building, pembelajaran aktif, dan pembelajaran full day school. Sedangkan mengenai faktor yang menghambat diantaranya adalah materi PAI yang cukup padat, pola asuh orang tua yang membatasi sosialisasi anak.
03SK036721.00 | SK PAI12.367 NIR p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain