SKRIPSI PAI
Korelasi Antara Persepsi Siswa Terhadap Pengelolaan Kelas Dengan Motivasi Belajar PAI [Studi Kasus Di SMP NU Kesesi Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan]
Siswa SMP NU Kesesi Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan dalam perolehan nilai atau prestasi belajar hanya mencapai standar minimal, yang disebabkan oleh kurangnya motivasi belajar mereka, baik motivasi belajar yang bersifat intern maupun yang bersifat ekstern. Guna meningkatkan motivasi belajar peserta didik, salah satu upaya yang dilakukan guru adalah dengan memperbaiki pengelolaan kelas. Diharapkan dengan mengadakan perubahan pengelolaan kelas motivasi belajar peserta didik akan meningkat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP NU Kesesi Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 317 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Random Sampling atau penentuan sampel penelitian dengan cara acak. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMP NU Kesesi Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 64 anak. Variabel penelitian ada dua, yaitu persepsi siswa terhadap pengelolaan kelas sebagai variabel bebas dan motivasi belajar PAI sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan angket, interview dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian menunjukkan 1.] Persepsi siswa terhadap pengelolaan kelas di SMP NU Kesesi Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan termasuk dalam kategori cukup. Hal ini dibuktikan dari skor persepsi siswa terhadap pengelolaan kelas yang persentase terbesar adalah antara 68 - 73 sebesar 34,38%, dengan frekuensi terbanyak yaitu 22 siswa yang berarti termasuk kategori tinggi, 2.] Motivasi belajar PAI siswa SMP NU Kesesi Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan termasuk dalam kategori baik. Hal ini dibuktikan dari persentase terbesar adalah antara 65 - 71 yang besarnya 42,19%, dengan frekuensi 29 siswa yang berarti termasuk kategori baik. 3.] Ada korelasi yang signifikan persepsi siswa terhadap pengelolaan kelas dengan motivasi belajar PAI pada siswa SMP NU Kesesi Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan harga rxy yang diperoleh sebesar 0,760 dimana harga r tabel pada taraf signifikan 5% dengan N =64 sebesar 0,244 yang berarti rxy > r tabel atau 0,760 > 0,244 sehingga ada korelasi yang signifikan. Selanjutnya pada taraf signifikan 1% dengan N = 64 sebesar 0,317 yang berarti rxy > r tabel atau 0,760 > 0,317 sehingga ada korelasi yang sangat signifikan. Dengan demikian hipotesis yang diajukan ada korelasi yang signifikan persepsi siswa terhadap pengelolaan kelas dengan motivasi belajar PAI pada siswa SMP NU Kesesi Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan dapat diterima.
03SK036621.00 | SK PAI12.366 KHO k C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain