SKRIPSI PAI
Konsep Pendidikan Islam Aplikatif Menurut Sayyid Quthb [Telaah Pemikiran Pendidikan Dalam Buku Maalim At Tariq]
Sayyid Quthb adalah seorang sastrawan, tokoh pergerakan dan penafsir AL Quran abad modern. Ia berpendapat bahwa Islam adalah manhaj yang aplikatif, sehingga ajaran yang ada dalam Islam harusnya dapat bisa dipraktikkan dalam kehidupan. Salah satu buku yang ditulis olehnya adalah Maalim At Tariq. Di dalam buku ini Sayyid Quthb menerangkan tentang pembinaan generasi umat Islam, sehingga apa yang ia tuliskan dalam buku tersebut mengandung hampir keseluruhan komponen-komponen dalam pendidikan Islam, seperti : tujuan pendidikan Islam, dasar dan sumber pendidikan Islam, metode dsb. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana latar belakang munculnya pemikiran pendidikan Islam aplikatif Sayyid Quthb? Bagaimana konsep pendidikan islam aplikatif menurut Sayyid Quthb? dan Bagaimana relevansi konsep pendidikan islam aplikatif menurut Sayyid Quthb di era globalisasi? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui latar belakang munculnya pemikiran pendidikan Islam aplikatif Sayyid Quthb, untuk mengetahui konsep pendidikan islam aplikatif menurut Sayyid Quthb, dan untuk mengetahui relevansi konsep pendidikan islam aplikatif menurut Sayyid Quthb di era globalisasi. Kegunaan penelitian secara teoritis, penelitian ini diharapkan dapat digunakan dalam mengembangkan pengetahuan tentang teori dan pemikiran tentang pendidikan Islam Sayyid Quthb. Secara praktis, penelitian ini diharapkan dapat dijadikan pedoman bagi pendidik untuk mengaplikasikan konsep pendidikan Islam aplikatif Sayyid Quthb dalam dunia pendidikan, baik lembaga pendidikan islam formal maupun lembaga pendidikan islam non formal. Hasil penelitian ini mengisyaratkan bahwa kemunculan pemikiran pendidikan Islam aplikatif Sayyid Quthb dilatarbelakangi oleh keadaan lingkungan dan negerinya tempat ia hidup dan pengamatannya ketika melihat keadaan manusia yang semakin jauh dari nilai-nilai Islam. Sedangkan konsep pendidikan islam aplikatif yang dibawanya yaitu : 1] Sayyid menggunakan istilah tarbiyah untuk memakai pendidikan, 2] Tujuan pendidikan islam aplikatif adalah menjadikan manusia sebagai abd [hamba] dan khalifah, 3] Al Quran dan As Sunnah menjadi dasar dan sumber utama pendidikan islam, sedangkan alam dan realita kehidupan manusia menjadi sumber pengetahuan berikutnya, 4] Tidak ada dikotomi ilmu dalam pendidikan islam aplikatif, seluruhnya bermanfaat bagi Islam dan umat Islam, akan tetapi ilmu agama mendapatkan penakaran yang lebih daripada ilmu eksakta, ilmu agama dihukumi fardlu ain, sedangkan ilimu eksakta dihukumi fardlu kifayah, 5] Pendidik ilmu agama haruslah beragama Islam, sedangkan pendidik ilmu eksakta boleh tidak beragama Islam jika pendidik beragama islam yang mumpuni tidak didapatkan, 6] Metode paling tepat dalam melaksanakan pendidikan islam adalah talaqqi, yaitu metode tatap muka antara pendidik dan peserta didik. Konsep pendidikan islam aplikatif Sayyid Quthb sangat relevan dengan era globalisasi karena konsep pendidikan islam aplikatif Sayyid Quthb menekankan pengembangan peserta didik dari segala aspek, yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik.
03SK036321.00 | SK PAI12.363 AMA k C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain