SKRIPSI PAI
Korelasi Pemanfaatan Perpustakaan Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Tarbiyah Angkatan Tahun 2009
Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah lapangan. Variabel dalam penelitian terdiri dari dua variabel x [pemanfaatan perpustakaan] dan variabel y [ prestasi belajar mahasiswa]. Adapun populasi penelitian ini sebanyak 366 mahasiswa dan sampel yang diambil sebanyak 10% dari populasi yaitu 36 mahasiswa. Sumber data yang digunakan ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, interview, angket dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data penelitian menggunakan data statistik dengan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan perpustakaan oleh mahasiswa Jurusan Tarbiyah Angkatan Tahun 2009 STAIN Pekalongan termasuk dalam kategori baik. Hal ini dapat dilihat pada nilai rata-rata 55,5 yang terletak pada interval 57-54. Adapun prestasi belajar mahasiswa Jurusan Tarbiyah Angkatan Tahun 2009 STAIN Pekalongan termasuk dalam kategori baik [B]. Hal ini dapat dilihat pada nilai rata-rata 3,53 yang terletak pada interval 3,00 - 3,99. Pemanfaatan perpustakaan mempunyai pengaruh yang positif yang signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Tarbiyah Angkatan Tahun 2009 STAIN Pekalongan. Hal ini dibuktikan dengan nilai rxy = 0,96 > rt = 0,329 pada taraf signifikan 5% yang berarti terdapat korelasi yang positif signifikan antara variabel x dan variabel y. Sedangkan pada taraf signifikan 1% rxy = 0,96 > rt = 0,424 yang berarti terdapat korelasi yang signifikan antara vaiabel x dan variabel y. Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan diterima.
03SK035821.00 | SK PAI12.358 AIN k C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain