Skripsi
Pengaruh Optimalisasi Peran Perpustakaan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar [Studi Siswa Kelas VI Di MIS Pasirsari 02 Pekalongan]
Pendidikan memerlukan dukungan dan penunjang di antaranya dengan adanya perpustakaan. Tentunya perpustakaan bukan hanya sekedar ruang tempat menitipkan hasil pemikiran orang dalam bentuk buku, diktat-diktat yang tertata rapi, perpustakaan akan menjadi tempat yang bisu dan mati bilamana di dalamnya tidak dimasuki manusia yang membawa spirit dan ruh kreatifitas yang selalu mengalir. Perpustakaan sekolah bila dioptimalkan perannya dan dikelola dengan sebaik-baiknya akan berpengaruh pada peningkatan prestasi belajar para siswanya. Berdasarkan analisis yang telah penulis lakukan maka diperoleh kesimpulan, bahwa optimalisasi peran perpustakaan sekolah di MIS Pasirsari 02 Pekalongan dapat dikategorikan baik. Ini dibuktikan dengan hasil angket yang direspon oleh 31 responden [peserta didik] dengan indikator meningkatkan pelayanan kepada para pengunjung, menambah jam buka perpustakaan, melengkapi koleksi bahan-bahan pustaka dan meningkatkan sarana dan prasarana penunjang perpustakaan. Adapun hasil isian angket dengan nilai rata-ratanya adalah 50,29. Prestasi belajar siswa kelas VI di MIS Pasirsari 02 Pekalongan tahun pelajaran 2011/2012 tergolong sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari indikatornya yaitu hasil evaluasi nilai rata-rata raport dengan nilai rata-rata yang diperoleh 75,12. Hal ini berada pada interval 73-75. Pengaruh optimalisasi peran perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar, hal ini terbukti dari hasil interpretasi lebih lanjut dengan nilai 0,71, angka 0,71 lebih besar daripada taraf signifikan 5% [ 0,355] maupun 1% [ 0,496].
03SK034721.00 | SK PAI12.347 WAR p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain