SKRIPSI PAI
Implementasi Scientific Approach Terhadap Perkembangan Moral Anak Kelompok A TK ABA 02 Comal kabupaten Pemalang
Anak usia dini/Taman Kanak-kanak merupakan masa usia emas, di mana
pada usia ini merupakan masa yang sangat penting dalam keseluruhan tahap
manusia. Pada masa ini terjadi lonjakan dalam perkembangan anak yang tidak
akan terjadi pada periode berikutnya. Jenjang taman kanak -kanak juga merupakan
tahap untuk memperkenalkan kepada anak tentang realitas lingkungan hidup yang
lebih luas selain keluarganya. Anak usia Taman Kanak-kanak cenderung
memandang sesuatu secara abstrak/keseluruhan, mereka belum dapat
membedakan dan memisahkan pengetahuan tentang objek, oleh karena itu model
pembelajaran di TK menggunakan model pembelajaran tematik, di mana
pendekatannya pembelajaran dengan scientific approach, karena di dalamnya
mengandung unsur mengamati, menanya, mengolah, menyajikan, menyimpulkan,
dan mencipta. Dengan diterapkannya pembelajaran dengan scientific approach di
Taman Kanak-kanak khususnya TK ABA 02 Comal diharapkan bisa
mengembangkan moral anak melalui scientific approach.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dirumuskan permasalahan yaitu:
(a) bagaimana proses pembelajaran scientific approach terhadap perkembengan
moral anak di TK ABA 02 Comal, (b) faktor-faktor penghambat dan pendukung
dalam menerapkan pembelajaran scientific approach dalam mengembangkan
moral anak di TK ABA 02 Comal. Tujuan dari peniltian ini untuk mengetahui
bagaimana proses pembelajaran scientific approach dan untuk mengetahui faktor
penghambat serta pendukung dalam menerapkan pembelajaran scientific
approach di TK ABA 02 Comal. Penelitian ini juga berguna untuk memperkaya
ilmu di bidang pendidikan dan khususnya dalam mengembangkan moral anak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya
adalah penelitian lapangan (field reseach), dan dalam pengumpulan data metode
yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun
metode analisisnya menggunakan metode analisis deskriptif.
Adapun hasil penelitian dalam skripsi ini adalah bahwa dalam
mengimplentasikan scientific approach dalam mengembangkan moral anak
Kelompok A TK ABA 02 Comal sudah di terapkan dengan cukup baik, hal ini
dapat dilihat pada proses pembelajaranya mulai dari pelaksanaan pembelajaran,
materi yang diajarkan, metode pembelajarannya dan evaluasi sudah meliputi
pembelajaran dengan scientific approach. Dengan diterapkannya pembelajaran
scientific approach di TK ABA 02 Comal kelompok A moral anak menjadi lebih
baik hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh
guru.
15SK1521347.00 | SK PAI 15.347 YUL i C.0 | DIGITAL (http://repository.iainpekalongan.ac.id) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain