SKRIPSI PAI
Upaya Peningkatan Hasil Belajar PAI Melalui Media Bagan di Kelas IV SDI 01 Wonopringgo Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajarana 2013/2014
Masih banyak siswa kelas IV SDI 01 Wonopringgo Kecamatan
Wonopringgo Kabupaten Pekalongan pada hasil belajar PAI masih rendah atau
di bawah nilai KKM. Dari 22 siswa hanya 8 siswa yang nilainya diatas 70 atau
36,36%. Sedangkan sisanya 63,64% belum mencapai nilai ketuntasan. Selama ini
penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran kurang maksimal di
SDI 01 Wonopringgo Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Hal
tersebut dikarenakan terbatasnya fasilitas dan lebih banyak guru yang lebih suka
menggunakan metode ceramah saja tanpa media.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya penerapan
media bagan dalam pembelajaran PAI di SDI 01 Wonopringgo Kecamatan
Wonopringgo Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya penerapan media bagan dalam
pembelajaran PAI di SDI 01 Wonopringgo Kecamatan Wonopringgo Kabupaten
Pekalongan Tahun Pelajaran 2013/2014 dan untuk mengetahui apakah melalui
media bagan dapat meningkatkan hasil belajar PAI untuk siswa kelas IV SDI 01
Wonopringgo Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran
2013 / 2014. Kegunaan penelitian bagi guru diharapkan dapat memberikan
sumbangan yang positif bagi proses belajar dan mengajar mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam (PAI).
Jenis penelitian pada skripsi ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara,
dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis data yang
digunakan dengan analisis persiklus meliputi siklus I dan siklus II, dimana
dengan membandingkan hasil belajar siswa yang berupa nilai tes dari kondisi awal
sampai pada pelaksanaan siklus II, data situasi pembelajaran dan data pelaksanaan
pembelajaran oleh guru.
Masih banyak siswa kelas IV SDI 01 Wonopringgo Kecamatan
Wonopringgo Kabupaten Pekalongan pada pembelajaran PAI masih rendah atau
di bawah ini KKM. Adapun nilai KKM yang ditetapkan 70. Hasil pelaksanaan
perbaikan pembelajaran siklus I dan II menunjukkan bahwa media bagan dapat
meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas IV SDI 01 Wonopringgo Kecamatan
Wonopringgo Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2013/2014. Siswa yang
belum tuntas sebelum diadakan perbaikan 63,64%. Kemudian setelah diadakan
perbaikan siklus I berkurang menjadi 31,82% yang belum tuntas. Setelah
diadakan perbaikan pada siklus II dengan mencapai hasil ketuntasan 95,45%.
Rata-rata hasil belajar juga meningkat dari 60,20 pada pra siklus menjadi 69,09
pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 79,55 pada siklus II.
15SK1521344.00 | SK PAI 15.344 PUR u C.0 | DIGITAL (http://repository.iainpekalongan.ac.id) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain