SKRIPSI PAI
Penerapan Penggunaan Metode Think Pair Share Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar PAI KOMDAS Kedudukan Al Quran Sebagai Kitab Suci Siswa Kelas V SDN 01 Sukorejo Ulujami Pemalang
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh penggunaan metode Think Pair Share terhadap peningkatan prestasi belajar PAI kompetensi dasar kedudukan Al Quran sebagai kitab suci siswa kelas V SDN 01 Sukorejo Ulujami Pemalang. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Think Pair Share terhadap peningkatan prestasi belajar PAI kompetensi dasar kedudukan Al Quran sebagai kitab suci siswa kelas V SDN 01 Sukorejo Ulujami Pemalang. Manfaat teoritis dari penelitian diharapkan mendapatkan teori baru tentang penggunaan metode Think Pair Share dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sehingga dapat digunakan sebagai dasar untuk melakukan penelitian secara mendalam. Sedangkan manfaat praktis dari penelitian ini antara lain : bagi penulis sendiri adalah akan mendapatkan peningkatan kualitas keilmuan dan pengetahuan tentang penggunaan metode Think Pair Share dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa, bagi guru penelitian ini dapat dijadikan bahan perbandingan, referensi serta alternatif model pembelajaran dalam menyamakan materi kepada siswa agar mudah menerima pelajaran, bagi sekolah penelitian ini dapat dijadikan sarana dan acuan untuk memimpin dan mengarahkan guru-guru dalam mengajar untuk menggunakan metode Think Pair Share dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa, dan bagi peserta didik diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar terutama dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan penggunaan metode Tahink Pair Share. Hasil penelitian adalah penggunaan metode Think Pair Share berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar PAI kompetensi dasar kedudukan Al Quran sebagai kitab suci siswa kelas V SDN 01 Sukorejo Ulujami Pemalang. Hal ini didasarkan pada hasil perhitungan yang menunjukkan bahwa df sebesar 43 dikonsultasikan pada t tabel dan diperoleh t tabel = 1,684. Berdasarkan tabel dapat diketahui diperoleh nilai t pada kelompok eksperimen sebesar t hitung = 12.893, sedangkan t tabel = 1,684 yaitu 12.893 > 1,68, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dari analisis tersebut dapat diartikan bahwa pengunaan metode Think Pair Share di SDN 01 Sukorejo Ulujami Pemalang berpengaruh terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas V.
03SK033521.00 | SK PAI12.335 KHU p C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain