SKRIPSI PAI
Pengaruh Penggunaan Metode Cerita Terhadap Minat Belajar Dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di SMP NU Pajomblangan Kedungwuni Pekalongan
Rumusan masalahnya bagaimana penggunaan metode cerita dalam proses belajar mengajar Sejarah Kebudayaan Islam dan seberapa tinggi minat belajar peserta didik dan pengaruh penggunaan metode cerita terhadap minat belajar dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di SMP NU Pajomblangan Kedungwuni Pekalongan. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode cerita terhadap minat belajar dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di SMP NU Pajomblangan Kedungwuni Pekalongan. Kegunaannya untuk dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi guru dalam memilih metode yang tepat serta untuk dapat memperkaya khasanah pemikiran tentang strategi belajar mengajar khususnya memilih metode pengajaran yang baik guna meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam serta agar dapat digunakan sebagai tambahan untuk memperluas cakrawala yang lebih mendalam dan sebagai pengetahuan penulis pada khususnya dan pembaca pada umumnya. Perolehan data terhadap minat belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dari hasil skala minat belajar yang diberikan kepada 50 peserta didik. Dan hasil rerata dari penyebaran skala minat belajar diperoleh rerata pada kelompok eksperimen adalah 90,76 sedangkan untuk rerata kelompok kontrol sebesar 77,28. Setelah dilakukan penelitian diperoleh t hitung = 7,543. Peneliti menguji hasil penelitian tersebut pada taraf signifikan 1% t tabel sebesar 2,492. Maka dapat diketahui bahwa sign < a yaitu 0,000 < 0,01 dan t hitung > t tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara penggunaan metode cerita terhadap minat belajar dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di SMP NU Pajomblangan Kedungwuni Pekalongan.
03SK033321.00 | SK PAI12.333 AIN p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain