SKRIPSI PAI
Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Program Akselerasi di SMP Islam Pekalongan
Pendidikan agama Islam diharapkan mampu memberikan nuansa baru bagi
sistem pengembangan pendidikan di Indonesia dan dapat membangun watak serta
peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan
bangsa. Oleh karena itu, pembelajaran PAI sangat penting untuk dilaksanakan di
sekolah.Anak berbakat atau siswa cerdas istimewa merupakan aset yang potensial
untuk dikembangkan menjadi sumber daya manusia yang berkualitas. Oleh karena
itu menjadi kewajiban bagi setiap pendidik untuk berupaya secara optimal
memberikan layanan pendidikan yang sesuai dengan karakteristik siswa. Salah
satu bentuk pelayanan pendidikan bagi peserta didik yang memiliki kemampuan
dan kecerdasan luar biasa adalah melalui program akselerasi (percepatan belajar).
Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas maka rumusan
masalahyang ada adalah sebagai berikut: Bagaimana desain-desain pembelajaran
pendidikan agama Islam pada program akselerasi di SMP Islam Pekalongan?,
bagaimana implementasi pembelajaran pendidikan agama islam dalam program
akselerasidi SMP Islam Pekalongan?, apa saja faktor pendukung dan faktor
penghambat implementasi pembelajaran pendidikan agama islam dalam program
akselerasi di SMP Islam Pekalongan?. Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui
desain-desain pembelajaran pendidikan agama Islam pada program akselerasi di
SMP Islam Pekalongan, implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam
dalam program akselerasidi SMP Islam Pekalongan, faktor pendukung dan faktor
penghambat implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam program
akselerasi di SMP Islam Pekalongan. Dan kegunaan penelitian ini ada dua yaitu
kegunaan teoritis dan praktis. Kagunaan teoritisnya yaitu menambah wawasan dan
pengetahuan baru tentang implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam
dalam program akselerasi (percepatan) yang memuat prinsip-prinsip serta tujuan
pendidikan agama islam bagi pembaca pada umumnya dan penulis pada
khususnya. Sedangkan kegunaan praktisnya adalah untuk memberikan masukan,
motivasi dan pemahaman tentang implementasi pembelajaran Pendidikan Agama
Islam dalam Program Akselerasi (percepatan) di SMP Islam Pekalongan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
kualitatif lapangan (field research), dengan mengumpulkan data menggunakan
teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi yang berupa kata-kata tertulis atau
lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati yaitu berupa data primer dan
sekunder. Menganalisa data dengan cara deskriptif (non statistik) dan dilakukan dengan cara induktif, yaitu analisis dilakukan sejak awal pengumpulan data
sampai akhir untuk memecahkan masalah yang dihadapi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi pembelajaran PAI
dalam program akselerasi SMP Islam Pekalongan, secara keseluruhan
pelaksanaan pembelajaran adalah hampir sama dengan pelaksanaan pembelajaran
Pendidikan Agama Islam di kelas reguler, baik itu meliputi kurikulum yang
dipergunakan, metode pembelajaran, maupun sistem evaluasinya. Guru yang
mengajar program akselerasi adalah guru-guru yang berkompeten dan sebelumnya
telah dipersiapkan dalam suatu loka karya dan work shop.Peserta didik yang
masuk program akselerasi adalah peserta didik yang pilihan harus melewati
beberapa tes dan IQ yang dimiliki adalah 130 skala wescier.Proses pembelajaran
pada program akselerasi ini jangka waktu untuk 1 semester kurang lebih 4 bulan.
Dalam penyusunan kurikulum dan jadwal programnya disesuaikan dengan
kalender pendidikan.
15SK1521327.00 | SK PAI 15.327 NAS i C.0 | DIGITAL (http://repository.iainpekalongan.ac.id) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain