SKRIPSI PAI
PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS) DI SMA TAKHASSUS AL-QURAN KALIBEBER KABUPATEN WONOSOBO TAHUN 2014
Evaluasi pembelajaran mempunyai peranan penting dalam menunjang
keberhasilan pembelajaran terutama sekolah yang menggunakan model Sistem
Kredit Semester (SKS). Pelaksanaannya sangat menentukan keberhasilan proses
pembelajaran dari tahap awal hinga akhir. Namun demikian, pelaksanaan evaluasi
pembelajaran di SMA Takhassus al-Quran dalam beberapa tahapnya belum jelas.
Hal ini terbukti dengan adanya tahapan-tahapan evaluasi pembelajaran yang
belum dilakukan oleh pendidik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini ada dua, yaitu bagaimana
pelaksanaan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Sistem
Kredit Semester (SKS) di SMA Tahasus Al-Quran Kalibeber Kabupaten
Wonosobo? dan bagaimana konsep Sistem Kredit Semester (SKS) yang
diterapkan di SMA Tahasus Al-Quran Kalibeber Kabupaten Wonosobo?. Tujuan
penelitian ini untuk mendiskripsikan pelaksanaan evaluasi pembelajaran mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Sistem Kredit Semester (SKS) di
SMA Takhasus al-Quran Kalibeber Kabupaten Wonosobo tahun 2014. dan
konsep Sistem Kredit Semester (SKS) yang diterapkan di SMA Takhasus Al-Quran Kalibeber Kabupaten Wonosobo. Manfaat secara teoritis untuk menambah
khazanah ilmiah bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan memberikan
sumbangan pemikiran tentang evaluasi pembelajaran dalam Sistem Kredit
Semester (SKS). Sedangkan manfaat secara praktis bagi peneliti adalah
diharapkan dengan penelitian ini akan menambah wawasan dengan mengadakan
studi secara langsung, bagi pendidik supaya dapat menggunakan hasil penelitian
ini sebagai bahan pertimbangan dalam merumuskan kembali rencana pelaksanaan
evaluasi pembelajaran di sekolah dan bagi lembaga terutama Sekolah Tinggi
Agama Islam Negeri Pekalongan, dapat menambah referensi bacaan mengenai
pelaksanaan evaluasi pembelajaran dengan Sistem Kredit Semester (SKS).
Metodologi dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitiannya
adalah penelitian lapangan (field Research). Sumber primer dalam penelitian ini
antara lain yakni; pendidik dan peserta didik SMA Takhassus al-Quran Kalibeber
Kabupaten Wonosobo. Sedangkan sumber sekunder yakni kepala sekolah,
WAKA kurikulum dan dokumen yang berkaitan dengan data penelitian dan
sumber lain yang relevan dengan penelitian yang dijadikan sumber pendukung
dari sumber data utama. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah
dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Jenis analisis datanya adalah
analisa deskriptif kualitatif. Penulis mendeskripsikan secara mendalam hasil
penelitian yang diperoleh dari lapangan tanpa melibatkan angka angka.
Hasil penelitian adalah Sistem Kredit Semester yang dilaksanakan di SMA
Takhassus al-Quran adalah kurikulum yang digunakan di SMA Takhasus al-Quran Kalibeber Kabupaten Wonosobo adalah kurikulum 2013 dengan Sistem
viii
Kredit Semester dan moving class sebagai model pembelajaran. Pembelajaran
yang dilakukan adalah pembelajaran fleksible dengan pola on-off. Penjurusan
program studi Matematika dan Sains, Ilmu Sosial dan Bahasa dan Humaniora
dilakukan diawal semester 1(satu). Tersedianya program yang bervariatif dan
luwes dengan didukung kelengkapan administrasi dan pengelolaan administratif
yang baik. Sedangkan pelaksanaan evaluasi pembelajaran, pendidik memulainya
dengan membuat perangkat pembeajaran kemudian digunakan dalam proses
pembelajaran dan pada akhirnya mengevaluasi peserta didik.
15SK1521326.00 | SK PAI 15.326 UBA p C.0 | DIGITAL (http://repository.iainpekalongan.ac.id) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain