SKRIPSI PAI
Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SD Negeri Wonokerto 01 Kecamatan Bandar Kabupaten Batang
eran seorang guru sangatlah signifikan dalam proses belajar mengajar.
Salah satu tugas guru dalam proses belajar mengajar adalah menciptakan
lingkungan belajar yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Guru PAI
yaitu guru yang mempunyai tugas memberikan pendidikan agama islam, tugas itu
merupakan usaha dasar untuk menyiapkan peserta didik dalam meyakini,
memahami, menghayati pengajaran atau latihan memperhatikan tuntunan untuk
menghormati agama lain dalam hubungan kerukunan antar umat beragama dalam
masyarakat untuk menjadikan persatuan dan kesatuan nasional. Dewasa ini,
banyak siswa yang kurang termotivasi untuk belajar. Hal tersebut dapat dilihat
dari sikap siswa yang acuh terhadap proses pembelajaran, tidak memperhatikan
guru ketika menjelaskan materi serta tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh
guru. Mereka cenderung kurang begitu semangat menghadapi pelajaran. Oleh
karena itu, inilah yang menjadi tantangan para guru, terlebih guru PAI untuk
meningkatkan motivasi belajar kepada para peserta didik.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka dirumuskan permasalahan yaitu:
Bagaimana peran guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di
SD Negeri Wonokerto 01 Kecamatan Bandar Kabupaten Batang. Apa saja faktor
yang mempengaruhi dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SD
Negeri Wonokerto 01 Kecamatan Bandar Kabupaten Batang. Adapun tujuannya
adalah untuk mengetahui peran guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar
peserta didik serta untuk mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi dalam
meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SD Negeri Wonokerto 01
Kecamatan Bandar Kabupaten Batang.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research), pendekatan
yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah
observasi, interview, dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan yaitu
teknik deskriptif yaitu mengungkapkan dan memaparkan data serta fakta yang
sesuai dengan keadaan sebenarnya.
Setelah melakukan pengamatan dan pengumpulan data didapatkan hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru PAI dalam meningkatkan motivasi
belajar peserta didik di SD Negeri Wonokerto 01 Kecamatan Bandar Kabuapaten
Batang dilakukan melalui berbagai peran yakni membimbing, memberi nasihat,
menguasai materi, mengelola kelas, mediator, fasilitator, melakukan evaluasi,
melakukan inovasi dan menjadi suri tauladan. Adapun yang mempengaruhi
motivasi belajar siswa adalah faktor guru mengajar meliputi: metode yang
digunakan, alat dan media pembelajaran, hubungan guru PAI dengan siswa, figur
guru PAI di sekolah. Faktor siswa meliputi: kondisi siswa di dalam kelas, kondisi
kesehatan siswa, kondisi psikologis siswa, kondisi kelelahan.
15SK1521325.00 | SK PAI 15.325 MAH p C.0 | DIGITAL (http://repository.iainpekalongan.ac.id) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain