SKRIPSI PAI
Komparasi Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Yang Sudah dan Yang Belum Tersertifikasi di Unit Pelaksanaan Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan Kecamatan Bandar Kabupaten Batang
Pada hakikatnya tujuan adanya sertifikasi guru yakni untuk meningkatkan
profesionalitas kinerja guru yang pada akhirnya membawa pada peningkatan
kualitas atau mutu pendidikan. Profesionalitas tersebut tentunya dapat dilihat
secara langsung melalui proses kegiatan pembelajaran di sekolah. Dari gambaran
tersebut, mestinya ada semacam perbedaan yang signifikan antara kinerja antara
guru yang sertifikasi dan yang belum tersertifikasi.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana kinerja guru
Pendidikan Agama Islam tingkat sekolah dasar yang sudahtersertifikasi.
Bagaimana kinerja guru Pendidikan Agama Islam sekolah dasar yang
sudahtersertifikasi. Bagaimana perbandingan kinerja guru Pendidikan Agama
Islam tingkat sekolah dasar yang sudah dan yang belum tersertifikasi di UPTD
Pendidikan Kecamatan Bandar Kabupaten Batang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research),
dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya
menggunakan metode wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Adapun
analisis data penelitian ini menggunakananalisis data statistik yang berupa:
analisis pendahuluan, analisis validitas dan reliabilitas, analisis uji hipotesis, dan
analisis lanjut, adapun analisis yang utama adalah uji t (t test).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil kinerja guru Pendidikan
Agama Islam tingkat Sekolah Dasaryang sudah tersertifikasi menunjukkan jika
gurusertifikasi mayoritas memiliki kinerja yang baik sekali yaitu sebanyak 22
orang danhanya 1 orang yang memiliki kinerja yang baik.2) Hasil kinerja guru
Pendidikan Agama Islam tingkat Sekolah Dasaryang belum tersertifikasi
menunjukkan jikaguru non sertifikasi mayoritas juga memiliki kinerja yang sangat
baik yaitu sebanyak 10 orangsedangkan yang memiliki kinerja baik sebanyak 3
orang.3) Pada taraf signifikansi 1% Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa tidak
ada perbedaan kinerja antara guru Pendidikan Agama Islam tingkat Sekolah Dasar
yang sudah tersertifikasi dan yang belum tersertifikasi. Sedangkan pada taraf
signifikansi 5% “Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa ada perbedaan kinerja
antara guru Pendidikan Agama Islam tingkat Sekolah Dasar yang sudah dan yang
belum tersertifikasi
15SK1521322.00 | SK PAI 15.322 YAF k C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain