SKRIPSI PAI
Peran Guru Kelas Dalam Mengatasi Siswa Bermasalah Di SDN Proyonanggan 12 Batang
Hasil penelitian ini adalah bentuk permasalahan siswa SDN Proyonanggan 12 Batang adalah melakukan pelanggaran ringan, seperti : 1] Setiap hari terdapat siswa yang datang terlambat ke sekolah, 2] Terdapat siswa yang tidak membawa buku / alat pelajaran, 3] Terdapat siswa yang keluar kelas pada waktu jam pelajaran tanpa seizin guru, 4] Terdapat siswa yang tidak memakai seragam dan atribut sekolah dengan benar, 5] Terdapat siswa yang membawa barang-barang tanpa rekomendasi dari guru, 6] Terdapat siswa yang mencorat-coret tembok, meja dan kursi di kelas, 7] Terdapat siswa yang berbuat gaduh, baik tindakan maupun ucapan pada saat jam belajar. Faktor penyebab terjadinya siswa bermasalah di SDN Proyonanggan 12 Batang, adalah sebagai berikut : 1] Adanya sikap pemanjaan dari orang tua, serta pembiaran kenakalan siswa dari orang tua, 2] Tidak adanya teguran dari pihak manapun, 3] Adanya kebosanan dari siswa, 4] Kurangnya perhatian dan motivasi dari guru tentang sikap dan perilaku yang baik, 5] Adanya permasalahan dalam keluarga. Peran guru kelas dalam mengatasi siswa bermasalah di SDN Proyonanggan 12 Batang adalah dengan melakukan langkah-langkah antisipasi sebagai berikut : 1] Melakukan tindakan konseling apabila terdapat siswa yang melakukan pelanggaran di sekolah, 2] Menggiatkan ekstrakurikuler di sekolah, 3] Guru kelas melakukan pengelolaan kelas dengan baik, 4] Guru melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan siswa.
03SK032021.00 | SK PAI12.320 FAT p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain