SKRIPSI PAI
Penerapan Metode Gramatika -Tarjamaah Dalam Kemampuan Insya' Mata Pelajaran Bahasa Arab Peserta Didik Kelas VIII di SMP-IT Assalaam Boarding School Pekalongan
SMP-IT Assalaam Boarding School Pekalongan merupakan salah satu lembaga
pendidikan yang mempelajari bahasa Arab. Dalam proses pembelajaran bahasa Arab di kelas
VIII menggunakan metode gramatika-tarjamah. Beberapa problematika yang harus dihadapi
diantaranya: minimnya kamus sebagai sarana pendukung dalam proses penerjemahan dalam
pembelajaran insya’ mata pelajaran bahasa Arab, kemudian minatnya peserta didik terhadap
bahasa Arab dan latar belakang pendidikan peserta didik yang berbeda.
Permasalahan yang diteliti adalah bagaimana penerapan metode gramatika-tarjamah
dalam pembelajaran insya’ mata pelajaran bahasa Arab kelas VIII SMP-IT Assalaam
Boarding School Pekalongan, problematika penerapan metode gramatika-tarjamah dalam
pembelajaran insya’ dan hasil penerapan metode gramatika-tarjamah dalam pembelajaran
insya’ mata pelajaran bahasa Arab kelas VIII SMP-IT Assalaam Boarding School
pekalongan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode
gramatika-tarjamah dalam kemampuan insya’ mata pelajaran bahasa Arab peserta didik kelas
VIII SMP-IT Assalaam Boarding School Pekalongan, untuk mengetahui problematika
penerapan metode gramatika-tarjamah dalam kemampuan insya’ mata pelajaran bahasa Arab
peserta didik kelas VIII SMP-IT Assalaam Boarding School Pekalongan dan untuk
mengetahui hasil penerapan metode gramatika-tarjamah dalam kemampuan insya’ mata
pelajaran bahasa Arab peserta didik kelas VIII SMP-IT Assalaam Boarding School
Pekalongan. Dan kegunaan penelitian ini dapat memberikan informasi yang berkaitan
denganpendidikan bahasa Arab
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah field research
(penelitian lapangan). Metode pengumpulan data penelitian ini adalah metode observasi,
wawancara dan dokumentasi. Jenis analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif
kualitatif yaitu analisis dengan memberikan predikat kepada variabel yang akan diteliti sesuai
dengan tolak ukur yang telah ditentukan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan
metode gramatika-tarjamah dalam pembelajaran insya’ mata pelajaran bahasa Arab di SMP-IT Assalaam Boarding School Pekalongan dapat menggunakan metode gramatika-tarjamah
dalam pembelajaran insya’, hanya saja terdapat beberapa problematika antara lain latar
belakang peserta didik yang berbeda, minimnya kamus dan minat peserta didik yang berbeda-beda. Dan hasil dari penerapan metode gramatika-tarjamah dalam pembelajaran insya’ mata
pelajaran bahasa Arab sudah dikatakan efektif, hal ini dibuktikan dengan nilai hasil evaluasi
peserta didik yang baik.
15SK1521298.00 | SK PAI 15.298 KHO p C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain