SKRIPSI PAI
Pembinaan Karakter Disiplin Melalui Kegiatan Keagamaan Siswa di SMP Negeri 4 Pekalongan
Latar belakang penelitian ini adalah Rusaknya moral bangsa ini semakin
akut tatkala korupsi, asusila, kejahatan, tindak kriminal pada semua sektor
pembangunan semakin merajalela. Korupsi ternyata bukan hanya dilakukan oleh
kalangan terpelajar saja, melainkan pula oleh agamawan, mulai dari kasus korupsi
Gayus Tambunan hingga kasus korupsi pengadaan Al-Quran. Fenomena di atas
jelas mendapat kritikan tajam terutama dalam sistem pendidikan dan pola
pembelajaran selama ini. Pendidikan agama menjadi faktor penting dalam
perkembangan karakter remaja untuk tidak saling merusak dan bermusuhan. Salah
satu cara menanamkan perilaku dan keyakinan yang baik di dalam diri anak
adalah melalui pembiasaan-pembiasaan dan dengan menciptakan lingkungan yang
mendukung dalam pengembangan karakter anak. Penciptaan lingkungan itu bisa
dilakukan di lingkungan sekolah maupun di lingkungan keluarga.
Permasalahan dalam skripsi ini meliputi bagaimana upaya pembinaan
karakter disiplin melalui kegiatan keagamaan siswa di SMP Negeri 4 Pekalongan?
dan Faktor-faktor apa sajakah yang menjadi pendukung dan penghambat dalam
pembinaan karakter disiplin melalui kegiatan keagamaan siswa di SMP Negeri 4
Pekalongan?. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya
pembinaan karakter disiplin melalui kegiatan keagamaan siswa di SMP Negeri 4
Pekalongan dan untuk mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang menjadi
pendukung dan penghambat dalam pembinaan karakter disiplin melalui kegiatan
keagamaan siswa di SMP Negeri 4 Pekalongan. Kegunaan penelitian ini adalah
secara praktis yaitu dapat memberikan konstribusi kepada semua anggota
masyarakat sekolah dan guru-guru PAI pada khususnya yang mengintegralkan
pendidikan karakter dalam setiap kegiatan maupun mata pelajaran, salah satunya
melalui kegiatan keagamaan siswa. sedangkan secara teoritis yaitu memberi
kontribusi ilmiah terhadap referensi pendidikan karakter yang dikembangkan
melalui kegiatan keagamaan, nilai-nilai agama Islam yang bisa diterapkan pada
kegiatan pembinaan karakter disiplin dan implikasinya terhadap siswa dalam
penguatan karakter.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research).
Pendekatan penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Metode penelitian
menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi.
Teknik analisis menggunakan analisis data kualitatif, mengikuti konsep yang
diberikan Miles and Huberman.
Hasil penelitian ini bahwa upaya pembinaan karakter disiplin melalui
kegiatan keagamaan siswa di SMP Negeri 4 Pekalongan adalah dengan
mengutamakan Metode Pembiasaan melalui kegiatan keagamaan, Menerapkan
viii
Metode Keteladanan dari guru, Pelaksanaan Tata Tertib yang Tegas dan Mendidik
dengan pemberian hukuman yang mendidik, Mengadakan Sosialisasi kepada
Masyarakat Sekolah maupun Wali Siswa guna mengetahui perkembangan putra-putrinya, Perencanaan yang baik melalui kerja sama dengan segenap unsur
sekolah agar tercapai keberhasilan dalam menanamkan kedisiplinan siswa.
Sedangkan faktor-faktor yang menjadi pendukung pembinaan karakter disiplin
melalui kegiatan keagamaan siswa di SMP Negeri 4 Pekalongan diantaranya
adalah Guru dan Karyawan, Peserta Didik, Tata Tertib Sekolah, Orang Tua Siswa,
Sarana dan Prasarana. Faktor-faktor yang menjadi pendukung pembinaan karakter
disiplin melalui kegiatan keagamaan siswa di SMP Negeri 4 Pekalongan,
diantaranya adalah lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah atau Teman, dan
Lingkungan Masyarakat
15SK1521297.00 | SK PAI 15.297 MUT p C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain