SKRIPSI PAI
Implementasi Metode Imla' Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas IV di MI Walisongo Logandeng Karangdadap Kabupaten Pekalongan
MI Walisongo Logandeng Karangdadap Kab. Pekalongan merupakan salah satu
lembaga pendidikan yang mempelajari bahasa Arab.dalam proses pembelajaran bahasa
Arab di kelas IV tidak selalu sesuai dengan harapan. Beberapa kendala yang harus
dihadapi diantaranya: dalam menyampaikan materi bahasa Arab, guru kurang
memperhatikan aspek variasi pembelajaran, sehingga peserta didik mudah bosan dalam
mengikuti pembelajaran selain itu guru juga kurang menyadari bahwa antara peserta didik
yang satu dengan yang lain mempunyai perbedaan yang menonjol, peserta didik kurang memiliki motivasi dalam belajar, kesan bahwa bahasa Arab sangat sulit, sukar dan ruwet yang menjadikan penguasaan kosa kata dan perbendaharaan kosa kata peserta didik rendah.Permasalahan yang diteliti adalah bagaimana implementasi metode imla dalam pembelajaran bahasa Arab kelas IV MI Walisongo Logandeng Karangdadap Kab. Pekalongan tahun 2013/2014 dan faktor pendorong dan penghambat imlementasi metode
imla dalam pembelajaran bahasa Arab kelas IV MI Walisongo Logandeng Karangdadap Kab. Pekalongan tahun 2013/2014? Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui
implementasai metode imla pada pembelajaran bahasa Arab kelas IV di MI Walisongo
Logandeng Karangdadap Kab. Pekalongan tahun 2013/2014 dan mengetahui faktor pendorong dan penghambat implementasi metode imla dalam pembelajaran bahasa Arab kelas IV MI Walisongo Logandeng Karangdadap Kab. Pekalongan tahun
2013/2014. Dan kegunaan penelitian ini dapat memberikan informasi yang berkaitan dengan pendidikan bahasa Arab Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan). Metode pengumpulan data penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis analisis data yang digunakan adalahanalisis deskriptif kualitatif yaitu analisis dengan memberikan predikat kepada variabel
yang akan diteliti sesuai dengan tolak ukur yang telah ditentukan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode imla pada
pembelajaran bahasa Arab kelas IV di MI Walisongo Logandeng Karangdadap Kab.
Pekalongan tahun 2013/2014 menggunakan metode jama i/ kolektif yaitu pembelajaran
menulis kosa kata atau kalimat bahasa Arab bersama-sama yang di bimbingan guru
sampai benar-benar mampu dan terampil menulis dengan menggunakan pendekatan berbasis media serta teknik menyalin kosa kata melalui menulis, membaca dan gambar. Faktor pendukung Aplikasi metode imla dalam pembelajaran bahasa Arab kelas IV di MI Walisongo Logandeng Karangdadap Kab. Pekalongan tahun 2013/2014 adalah adanya motivasi, sedangkan faktor penghambatnya adalah adanya penulisan Arab dengan pelajaran lain yang berbeda dan kemampuan anak yang beragam.
15SK1521296.00 | SK PAI 15.296 KHA i C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain