SKRIPSI PAI
Upaya Pondok Pesantren Muhammadiyah Miftahul Ulum Pekajangan Dalam Mengembangkan Kecerdasan Verbal - Linguistik Santriwati
Pondok Pesantren Muhammadiyah Miftahul Ulum Pekajangan adalah salah satu
pondok pesantren modern yang ada di Pekalongan. Pondok ini berupaya untuk
menghidupkan nilai-nilai agama islam melalui sistem pendidikan pesantren yang lebih
komprehensif dalam berilmu dan beramal menurut tuntutan Nabi Muhammad SAW.
Sebagaimana pondok modern pada umumnya, pondok ini juga mengedepankan santri-santrinya untuk menguasai berbagai macam bahasa..
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dari penelitian ini
adalah Upaya apa saja yang dilakukan Pondok Pesantren Muhammadiyah Miftahul Ulum
Pekajangan dalam mengembangkan kecerdasan verbal – linguistik santriawatinya.
Faktor-faktor apa saja yang dapat menghambat dan mendukung dalam upaya
mengembangkan kecerdasan verbal - linguistik santriawati di Pondok Pesantren
Muhammadiyah Miftahul Ulum Pekajangan. Kemudian kegunaan penelitian ini adalah
menambah khasanah keilmuan dalam bidang pendidikan, dan dapat memberikan
wawasan baru kepada masyarakat dalam mengembangkan kecerdasan verbal- linguistik
yang ada di Pondok Pesantren Muhammadiyah Miftahul Ulum Pekajangan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, artinya suatu pendekatan
dalam melakukan penelitian yang berorientasi pada fenomena atau gejala yang bersifat
alami, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi lapangan (field
reseach). Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data
skunder. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu interview,
observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data menurut
Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, model data, dan penarikan/verifikasi
kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan Pondok Pesantren
Muhammadiyah Miftahul Ulum Pekajangan dengan melakukan berbagai kegiatan,
diantaranya: penambahan kosa kata, muhadhoroh (pidato), muhadasah (percakapan),
penulisan jurnal, pembuatan mading, dan pengkaryaan santri. Adapun faktor-faktor yang
mendukung diantaranya adalah adanya jiwa kepondokan yang dimiliki oleh pembina
dari santriwati dan juga adanya kemauan dari santriwati untuk belajar. Sedangkan
faktor-faktor penghambatnya adalah kurangnya kerjasama antara pesantren dengan
sekolah formal yang berada di lingkungan Pondok Pesantren Muhammadiyah Miftahul
Ulum Pekajangan, kemampuan dari diri santriwati, kurangnya kemampuan yang dimiliki
para pembina, dan juga kurang tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung
15SK1521292.00 | SK PAI 15.292 LIS u C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain