SKRIPSI PAI
Implementasi Metode Keteladanan Pada Pendidikan Anak Dalam Keluarga Di Desa Rowokembu Wonopringgo
Hasil penelitian tentang implementasi metode keteladanan pada pendidikan anak dalam keluarga di Desa Rowokembu Wonopringgo adalah : [1] Pendidikan Keagamaan, penanaman aqidah anak dengan mengadzani bayi yang baru lahir, menjelaskan aqidah melalui dongeng-dongeng, dan membiasakan anak membaca asmaul husna sehingga anak mampu menghafal dan memahami isi asmaul husna. Pada praktik ibadah anak diajarkan sholat dan diajak sholat bersama, anak diajak menghafal surat-surat pendek sebelum anak mampu membaca Al Quran yang dilakukan setiap hari setelah sholat maghrib, setelah anak mampu membaca anak dibiasakan membaca dan mendengarkan bacaan-bacaan Al Quran. [2] Pendidikan akhlak, anak dibiasakan menggunakan bahasa yang halus kromo inggil dalam berkomunikasi terhadap siapapun terutama orang yang usianya lebih dewasa, mendidik anak dengan bahasa yang halus dan lemah lembut agar anak dapat meniru dan tidak bersifat keras, dan anak harus selalu berpamitan dengan orang tua ketika hendak keluar rumah. [3] Pendidikan sosial, anak dilatih untuk menyayangi semua ciptaan Allah, mengajarkan pada anak untuk peduli dan suka menolong orang lain yang kesulitan, dan anak diberi tanggung jawab agar anak memiliki tanggung jawab ketika berada di tengah-tengah masyarakat. Adapun faktor yang mempengaruhi adalah faktor internal : kecerdasan intelektual anak, kecerdasan emosional anak, Faktor eksternal ; keadaan orang tua, lingkungan keluarga, masyarakat dan sekolah, serta maraknya hand phone, play station dan internet.
02SK029121.00 | SK PAI12.291 IRY i C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain