SKRIPSI PAI
Implementasi Metode Cerita Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas II di MSI 02 Keputran Kota Pekalongan
Dalam dunia pendidikan guru dituntut menguasai materi dengan baik
sekaligus mampu menyampaikan materi tersebut dengan menggunakan metode
yang baik pula, salah satunya yaitu metode cerita. Akhir-akhir ini metode cerita
dalam pendidikan sudah dianggap klasik sehingga diharapkan dapat diterapkan
kembali dengan pengembangan yang bervariasi mengingat pentingnya metode
tersebut dalam kegiatan belajar mengajar. Metode cerita merupakan salah satu
metode pemberian pengalaman belajar bagi anak dengan membawakan cerita
kepada anak secara lisan, sehingga lebih mudah untuk dipahami. Dengan
penerapan metode cerita diharapakan siswa dapat mempermudah memahami
materi pembelajaran aqidah akhlak kelas II dan meningkatkan hasil belajar atau
prestasi belajar yang lebih baik, serta mengambil hikmah atau nilai-nilai positif
dari dalam cerita tersebut.
Berdasarkan uraian di atas, maka penulis merumuskan masalah sebagai
berikut: 1.Bagaimana konsep perencanaan metode cerita dalam pembelajaran
aqidah akhlak kelas II di MSI 02 Keputran Kota Pekalongan. 2.Bagaimana
implementasi metode cerita dalam pembelajaran aqidah akhlak kelas II di MSI 02
Keputran Kota Pekalongan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan analisis
data berupa deskriptif melalui metode deduktif. Adapun teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah metode observasi, interview dan dokumentasi.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di MSI 02 Keputran Kota
pekalongan, menunjukan bahwa Konsep perencanaan metode cerita
menyesuaikan dengan kompetensi dasar yang terdapat di dalam sebuah rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP), dengan mengacu dari KALDIK dan PROMES
yang ada di sekolah, agar mencapai sebuah tujuan pembelajaran yang diinginkan.
penerapan metode cerita dilakukan dengan persiapan yang matang agar terhindar
dari kendala dalam kegiatan belajar mengajar, didukung dengan adanya fasilitas
yang memadahi sangatlah membantu dalam kelancaran dan kesuksesan untuk
kegiatan belajar mengajar pada penerapan metode cerita kelas II di MSI 02
Keputran Kota Pekalongan. Adapun implementasi metode cerita yang dilakukan
oleh guru aqidah akhlak kelas II di MSI 02 Keputran Kota Pekalongan yaitu
dengan melakukan persiapan memilih cerita dari buku-buku cerita, cerita dari
internet dan cerita dalam kehidupan sehari-hari, dan juga menyiapkan gambar atau
film kisah/cerita yang sesuai dengan pembelajaran. Kemampuan guru dalam
Pengembangan cerita yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dengan cara
penyampaian cerita yang digunakan melalui teknik-teknik bercerita dan
penguasaan alat bantu yang akan digunakan dalam penyampaian sebuah cerita
dalam pembelajaran.
15SK1521289.00 | SK PAI 15.289 ZAR i C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain