SKRIPSI PAI
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Materi Sholat Jum'at Dengan Metode Card Sort Siswa Kelas VII A MTs Ribatul Muta'allimin Tahun Pelajaran 2014/2015
Skipsi ini dilatarbelakangi penggunaan metode yang kurang tepat dalam pembelajaran. Penggunaan metode pembelajaran sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Guru dalam menyampaikan materi terkadang menggunakan metode yang kurang tepat sehingga menjadikan peserta didik merasa bosan dan jenuh dalam mengikuti proses belajar mengajar. Hal ini mengakibatkan tujuan
pembelajaran tidak tercapai dan minimnya prestasi belajar siswa. Oleh karena itu perlu adanya metode yang dapat menjadikan siswa untuk belajar aktif agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.Permasalahan dalam skiripsi ini adalah bagaimana penerapan metode Card Sort dalam meningkatkan hasil belajar fiqih materi sholat jum at bagi siswa kelas VII A MTs Ribatul Muta allimin Pekalongan Tahun Pelajaran 2014/2015,
Bagaimana hasil belajar fiqih materi sholat jum at kelas VII A di MTs Ribatul Muta allimin Pekalongan Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan menggunakan metode Card Sort per siklusnya, dan Apakah penerapan metode Card Sort dapat
meningkatkan hasil belajar fiqih materi sholat jum at bagi siswa kelas VII A di MTs Ribatul Muta allimin Pekalongan Tahun Pelajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode Card Sort dapat meningkatkan prestasi belajar fiqih bagi siswa kelas VII A di MTs Ribatul Muta allimin Pekalongan Tahun Pelajaran 2014/2015. Sedangkan keguanaan penelitian ini secara teoritis diharapkan dapat mengetahui konsep metode Card Sort khususnya dalam pembelajaran fiqih di sekolah yang peneliti teliti yaitu MTs Ribatul Muta allimin Pekalongan.Peneliti melalukan penelitian dengan menggunakan penelitian tindakan
kelas (Classroom Action Research) dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian tindakan kelas ini dipilih model spiral dari Kemmis dan Taggart yang terdiri dari beberapa siklus tindakan dalam pembelajaran berdasarkan refleksi mengenai hasil dari tindakan-tindakan pada siklus sebelumnya. Dan teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dokumen dan tes.Hasil penelitian kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama dua
siklus, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Card Sort berdampak sangat positif dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih. Hal ini ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa yang cukup signifikan dari dua siklus yang dilaksanakan, yaitu siklus I (73,7%), siklus II (94,7%). Dengan nilai rata-rata pada siklus I (75,53) dan siklus II (84,47).
15SK1521288.00 | SK PAI 15.288 KOM u C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain