SKRIPSI PAI
Pengaruh Keikutsertaan Pelatihan Terhadap Peningkatan Kompetensi Profesional Guru di SMA Islam YMI Wonopringgo Kabupaten Pekalongan
Kebijakan pendidikan yang dikeluarkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan juga perlu menjadi acuan para kepala sekolah yang menginginkan pencapaian keunggulan sekolah dan mewajibkan guru memiliki kualifikasi akademik, kompetensi dan sertifikat pendidik. Kegiatan pelatihan bagi guru merupakan suatu bagian yang integral manajemen dalam bidang pendidikan di sekolahan dan upaya untuk mengembangkan pengetahuan
dan keterampilan guru, sehingga pada gilirannya diharapkan para guru dapat memperoleh keunggulan kompetitif dan dapat memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya.Adapun yang menjadi perumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah bagaimana keikutsertaan pelatihan guru di SMA Islam YMI Wonopringgo Kabupaten Pekalongan, bagaimana kompetensi profesional guru di SMA Islam YMI Wonopringgo
Kabupaten Pekalongan, bagaimana pengaruh keikutsertaan pelatihan terhadappeningkatan kompetensi profesional guru di SMA Islam YMIWonopringgo Kabupaten Pekalongan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pelatihan guru di SMA Islam YMI Wonopringgo Kabupaten Pekalongan, untuk mengetahui dan mendiskripsikan kompetensi-kompetensi mengajar guru di SMA Islam YMI
Wonopringgo Kabupaten Pekalongan, untuk mengetahui pengaruh keikutsertaan pelatihan terhadap peningkatan kompetensi profesional guru di SMA Islam YMI Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Kegunaan penelitian ini adalah dapat memberikan pengalaman yang berguna sebagai bekal calon guru dalam meningkatkan kompetensi
profesional guru melalui kegiatan pelatihan guru, dan dapat memberi masukan dan koreksi dalam peningkatan kompetensi profesional melalui pengaruh keikutsertaan pelatihan guru terhadap peningkatan kompetensi profesional guru di SMA Islam YMI Wonopringgo Kabupaten Pekalongan.
Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif sedangkan Jenis penelitian adalah penelitian lapangan. Dimana penulis mengungkap populasi yang diteliti berupa Guru SMA Islam YMI Wonopringgo Kabupaten Pekalongan 20 orang. Sedangkan Metode pengumpulan data menggunakan metodeobservasi, interview, angket dan dokumentasi. Sementara teknik analis datanya menggunakan rumus regresi linier sederhana.
Hasil penelitian ini adalah 1) keikutsertaan pelatihan termasuk dalam kategori kurang hal ini berdasarkan nilai rata-rata angket tentang keikutsertaan pelatihan adalah 21,3 pada interval 20-22 prosentase 15%. 2) peningkatan kompetensi profesional guru di SMA Islam YMI Wonopringgo Kabupaten Pekalongan termasuk dalam kategori kurang. Hal ini berdasarkan nilai rata-rata angket adalah 21,2, pada interval 19-22 prosentase
30%. Keikutsertaan pelatihan mempunyai pengaruh yang kurang signifikan terhadap
peningkatan kompetensi profesional guru. Ini dapat dibuktikan dengan hasil nilai test t1,352 < t tabel
0,378 dengan taraf kesalahn 5%, maka 0 H ditolak,
H a ditrima.
15SK1521285.00 | SK PAI 15.285 RIZ p C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain